(CUPLIKAN GOL) Gol Bunuh Diri Ramos Paksa Perpanjangan Waktu

Rabu, 19 April 2017 03:40 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© VI-Images / Contributor / Getty Images
Proses terjadinya gol bunuh diri Ramos. Copyright: © VI-Images / Contributor / Getty Images
Proses terjadinya gol bunuh diri Ramos.

Real Madrid menjamu Bayern Munchen dalam laga lanjutan leg kedua perempatfinal Liga Champions musim 2016/17. Bermain di depan pendukungnya sendiri, pasukan Los Blancos harus bermain hingga perpanjangan waktu karena skor 1-2 berakhir dengan agregat yang sama, 3-3.

Babak Pertama

Bayern Munchen yang mengalami kekalahan di leg pertama lalu, langsung tancap gas ketika wasit Viktor Kassai meniup peluit tanda dimulainya pertandingan. Hal tersebut pun terbukti dengan berbagai peluang yang dibuat oleh kubu tim tamu.

Di menit 12, sisi kiri pertahanan Madrid yang dihuni Marcelo terus menjadi bulan-bulanan Arjen Robben. Beruntung, tuan rumah memiliki sosok Sergio Ramos dan tandemnya Nacho, yang berhasil bergantian menghalau umpan silang.

Terus ditekan, tuan rumah pun memberikan perlawanan. Di menit 23, Marcelo yang memberikan umpan lambung dari sisi kanan pertahanan Munchen, berhasil dimanfaatkan dengan baik oleh Benzema. Namun sayang, bola sundulannya masih melebar dari gawang Manuel Neuer.

Penguasaan bola dipegang oleh Bayern Munchen dengan persentase 53 persen hingga menit 45. Kedua tim tidak dapat memecah kebuntuan hingga peluit babak pertama ditiup, dan skor imbang 0-0 pun menutup laga babak pertama ini.

Babak Kedua

Bayern Munchen langsung memperlihatkan permainan terbuka mereka, guna mencuri dua gol tandang di Santiago Bernabeu. Hasilnya pun terbukti pada menit 52 melalui gol penalti Robert Lewandowski.

Berawal dari pergerakan Robben di dalam kotak penalti Real Madrid, yang justru dilanggar oleh Casemiro. Wasit Viktor Kassai pun langsung memberikan titik putih kepada tim tamu, yang mana berhasil dimanfaatkan dengan baik oleh Lewandowski. 0-1 Munchen unggul.

Tertinggal satu gol, membuat tuan rumah tak tinggal diam. Dan hal itu pun terbukti dengan gol yang dicetak oleh megabintang mereka, Cristiano Ronaldo.

Berawal dari umpan lambung yang dilesakkan oleh Casemiro di tulang rusuk kiri Real Madrid, Ronaldo yang lolos dari kawalan Philipp Lahm langsung memanfaatkan bola lambung tersebut dengan sundulan yang menghasilkan gol. 1-1 tuan rumah menyamakan kedudukan.

Unggul secara agregat, membuat tuan rumah seakan lupa diri. Pasalnya, sang kapten Sergio Ramos melakukan gol bunuh diri, akibat dari kurangnya komunikasi antara dirinya dang Keylor Navas. Gol itu pun membuat kubu Munchen unggul 1-2, dan agregat pun sama menjadi 3-3. Seru.

Bayern Munchen terpaksa harus bermain dengan 10 orang, lantaran salah satu gelandang mereka, Arturo Vidal, mendapatkan kartu kuning keduanya ketika melakukan pelanggaran keras terhadap Asensio di menit 84. Pertandingan pun harus dilanjutkan hingga perpanjangan waktu.

Berikut starting XI kedua tim:

Real Madrid (4-3-3): Keylor Navas; Dani Carvajal, Nacho Fernandez, Sergio Ramos, Marcelo; Luka Modric, Casemiro, Toni Kroos; Isco Alarcon, Karim Benzema, Cristiano Ronaldo

Pelatih: Zinedine Zidane

Bayern Munchen (4-3-2-1): Manuel Neuer; Philipp Lahm, Mats Hummels, Jerome Boateng, David Alaba; Arturo Vidal, Xabi Alonso, Thiago Alcantara; Arjen Robben, Franck Ribery; Robert Lewandowski

Pelatih: Carlo Ancelotti 

1.6K