Liga Champions

8 Fakta Menarik di Babak Perempatfinal Liga Champions 2016/17

Kamis, 20 April 2017 08:12 WIB
Editor: Yohanes Ishak
 Copyright:

Leicester City 1-1 Atletico Madrid (Atletico lolos berkat agregat menang dengan skor 2-1).

Real Madrid 4-2 Bayern Munchen (Real Madrid lolos berkat agregat menang dengan skor 6-3).

AS Monaco 3-1 Borussia Dortmund (AS Monaco lolos berkat agregat menang dengan skor 6-3).

Barcelona 0-0 Juventus (Juventus lolos berkat agregat menang dengan skor 0-3).

Hasil skor di atas merupakan hasil akhir dari babak perempatfinal Liga Champions 2016/17 dan kini nama klub yang ditebalkan telah melaju ke babak semifinal 2016/17.

Namun sebelum pertandingan di babak empat besar dimulai, INDOSPORT menemukan beberapa fakta menarik yang patut dicermati dan cukup sayang untuk dilewatkan.

© Gonzalo Arroyo Moreno / Stringer / Getty Images
Caption Copyright: Gonzalo Arroyo Moreno / Stringer / Getty ImagesSelebrasi Cristiano Ronaldo dengan mengangkat bola usai mengantarkan Real Madrid ke babak semifinal Liga Champions 2016/17.

Dilansir dari Opta, beberapa fakta menarik itu kami rangkum menjadi 8 bagian, di mana di dalamnya juga tercipta rekor-rekor yang diciptakan oleh pemain ataupun klub.

Apa sajakah itu? Berikut ini ulasannya:

- Striker rising star milik AS Monaco, Kylian Mbappe menjadi pemain pertama yang mampu mencetak gol di setiap tujuh pertandingan pertamanya di ajang Liga Champions.

- Selain itu, pemain yang digadang-gadang akan segera menjadi pemain Real Madrid ini juga mencatatkan dirinya sebagai pemain keenam yang mencetak gol di empat pertandingan Liga Champions pertamanya.

Pemain pertama yang melakukan ini adalah penyerang Chelsea, Diego Costa yang mencatatkannya di tahun 2014 lalu.

- Rekan setim Mbappe di Monaco, Radamel Falcao berhasil mencetak gol ke gawang 22 dari 24 tim yang ia lawan di kompetisi Eropa (termasuk di ajang kualifikasi dan Piala Super Eropa).

Gelandang serang Borussia Dortmund, Marco Reus turut ambil bagian dalam terjadinya 15 gol untuk Dortmund dalam 13 pertandingan terakhirnya di Liga Champions dengan rincian 11 gol dan 4 assists.

Kiper veteran milik Juventus, Gianluigi Buffon memiliki catatan manis, yaitu mampu melakukan 46 kali clean sheets alias tidak kebobolan di ajang Liga Champions. Ada tiga pemain yang masih berada di atasnya, yakni Iker Casillas (54 clean sheets), Edwin van der Sar (50 clean sheets), dan Petr Cech (47 clean sheets).

Saat melawan Juventus dini hari tadi, pemain megabintang Barcelona, Lionel Messi mampu melepaskan 5 tembakan yang mengarah ke gawang.

Jumlah ini pernah ia lakukan di bulan September 2011 lalu melawan klub asal BATE Borisov. Mampukan di masa mendatang ia melepaskan 6 tembakan atau lebih?

Berkat racikan dari pelatih Diego Simeone, Atletico Madrid mampu melaju ke babak semifinal sebanyak tiga kali dalam empat musim terakhir.

- Pemain megabintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo mampu mencetak 9 gol dari 10 pertandingan terakhir di babak perempatfinal Liga Champions, termasuk menyumbangkan assists.

461