REVIEW: Tensi Tinggi Warnai Laga, Juventus Tahan Barcelona Tanpa Gol di Babak Pertama

Kamis, 20 April 2017 02:41 WIB
Editor: Gregah Nurikhsani Estuning
© LLUIS GENE/AFP/Getty Images
Messi berduel dengan pemain Juventus. Copyright: © LLUIS GENE/AFP/Getty Images
Messi berduel dengan pemain Juventus.

Di laga ini, Luis Enrique kembali menurunkan formasi 4-3-3, bukan 3-3-1-3 yang diterapkannya di Juventus Stadium. Jordi Alba menempati posisi bek kiri, sedangkan Sergi Roberto ditempatkan di pos bek kanan.

Sementara tim tamu tidak mengubah pakem 4-2-3-1, sama seperti yang diturunkannya di pertemuan pertama pekan silam. Paulo Dybala kembali diandalkan di lini serang, ditemani oleh Mario Mandzukic, Juan Cuadrado, dan Gonzalo Higuain.

Peluit kick off dibunyikan wasit asal Belanda, Bjorn Kuipers, Blaugrana langsung menekan La Vecchia Signora. Namun anak asuh Massimiliano Allegri mampu tampil sigap dan lebih mengandalkan serangan balik cepat.

Baru empat menit laga berjalan, Dybala nyaris mengubah agregat menjadi 4-0 andai liukannya tak dihentikan secara ilegal oleh Andres Iniesta yang dipercaya menjadi kapten di pertandingan ini.

Memasuki menit ke-10, El Barca mulai bisa memegang kendali permainan. Agresifitas trio MSN terlihat di laga ini dengan bagaimana Messi, Luis Suarez dan Neymar mencoba mengincar gol cepat. Menit 12, El Pistolero nyaris membuat 'warga' Camp Nou bersorak gembira lewat pelung emasnya.

Semenit berselang, giliran Higuain yang memiliki peluang. Berniat memberikan umpan kepada Dybala, bola malah memantul lewat kaki pemain Barca. Bola liar lalu disambutnya dengan tendangan keras, namun sayang masih melambung tinggi.

Peluang terbaik pertama Barca hadir menit 19. Tendangan mendatar kaki kirinya dari dalam kotak penalti tipis saja di kiri gawang Gianluigi Buffon yang wajib bekerja keras menjaga areanya.

Hingga pertengahan paruh pertama, Barcelona benar-benar lebih menguasai jalannya pertandingan. Juventus dipaksa untuk mengandalkan serangan balik dan melakukan kesalahan-kesalahan tidak penting dari garis pertahanan sendiri. Namun tetap saja, skor masih 0-0.

Messi mendapatkan peluang terbaik keduanya di menit ke-31. Dua kali ia melakukan tembakkan, dua kali pula tendangannya masih gagal. Yang pertama berhasil diblok Buffon, sedangkan yang kedua jauh melebar.

Tak mau kalah, Higuain juga mendapatkan peluang emas 7 menit jelang babak pertama berakhir, upaya mantan pemain Real Madrid dan Napoli itu masih tepat dipelukkan Marc-Andre ter Stegen.

Menit 44, tensi pertandingan semakin keras. Wasit mengeluarkan kartu kuning kepada Neymar akibat protes kerasnya. Sebelumnya, Lionel Messi mengalami benturan yang membuat wajahnya mengeluarkan darah.

Hingga Kuipers meniup peluit tanda babak pertama usai, kedua kesebelasan masih belum berhasil cetak satu gol pun.

Susunan Pemain Barcelona vs Juventus:

Barcelona (4-3-3): Ter Stegen; Roberto, Pique, Umtiti, Alba; Busquets, Rakitic, Iniesta; Messi, Suarez, Neymar
Cadangan: Cillessen, Andre Gomes, Denis Suarez, Digne, Alena, Alcácer.

Pelatih: Luis Enrique

Juventus (4-2-3-1): Buffon; Dani Alves, Bonucci, Chiellini, Alex Sandro; Khedira, Pjanic; Cuadrado, Dybala, Mandzukic; Higuain
Cadangan: Neto, Benatia, Barzagli, Lichtsteiner, Lemina, Asamoah, Rincon.

Pelatih: Massimiliano Allegri

719