Usung Semangat HUT PSSI, Minangkabau Cup Undi Delapan Tim Terbaik

Kamis, 20 April 2017 09:26 WIB
Kontributor: Taufik Hidayat | Editor: Ahmad Priobudiyono
© Taufik Hidayat/INDOSPORT
Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno serahkan Piala Bergilir Minangkabau Cup 2017 kepada ketua panitia, Tria Suprajeni. Copyright: © Taufik Hidayat/INDOSPORT
Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno serahkan Piala Bergilir Minangkabau Cup 2017 kepada ketua panitia, Tria Suprajeni.

Mengambil momen hari Ulang Tahun PSSI ke-87 yang jatuh pada 19 April 2017, pihak penyelenggara turnamen sepakbola antara kecamatan terbesar se-Indonesia, Minangkabau Cup 2017 atau yang dulu dikenal dengan nama Irman Gusman Cup lakukan pengundian grup babak 8 besar.
 
Turnamen yang tujuan utamanya adalah menjaring bibit pesepak bola muda ini akan dihelat dalam dua grup yang diisi masing-masing empat tim.
 
Tidak hanya sekedar pembagian grup, pada kesempatan itu juga dilakukan pemotongan kue, merayakan hari jadi induk sepakbola Indonesia yang dilakukan oleh Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno.
 
“Mungkin hari ini, satu-satunya yang merayakan HUT PSSI adalah kita di Sumbar,” kata Pak Gubernur sembari tersenyum.
 
Seperti ingin menimpali apa yang disampaikan orang nomor satu Sumbar itu, Ketua Umum Panpel Minangkabau Cup, Tria Suprajeni, menyebut mungkin PSSI Pusat lupa, karena disibukkan oleh Pilkada DKI yang juga dilaksanakan pada Rabu (19/04/17).
 
“Mungkin orang-orang terlalu sibuk memikirkan Pilkada Jakarta, sehingga lupa hari ini adalah Hari Ulang Tahun PSSI. Makanya, kita sediakan waktu untuk merayakan HUT PSSI, dengan harapan sepakbola Indonesia semakin maju ke depannya,” ujarnya.   
 
Dari 157 tim yang mendaftar dari 150 kecamatan di 19 kabupaten/kota di Sumatera Barat, saat ini hanya tersisa IV Nagari dari Kabupaten Agam, Guguak dari Limapuluhkota, Koto tangah Padang yang tergabung dalam grup X, dan grup Y yang terdiri dari Sungayang dari Tanah Datar, Padang Panjang Timur dari Padang panjang, Talawi dari Sawahlunto, dan Pulau Punjuang dari Dharmasraya.
 
“Dari 157 tim yang mendaftar dari 150 Kecamatan di 19 Kab/kota di Sumatera Barat hanya 8 tim yang tersisa saat ini,” kata pria yang akrab disapa Om Ola itu.
 
Tria juga menyatakan puncak dari Minangkabau Cup ini akan dihelat pada tanggal 12 Mei 2017 di GOR H Agus Salim, Padang dalam partai final nanti akan terlihat pemain terbaik yang direncanakan mengikuti PON 20 di Papua. 

“Membantu daerah untuk menemukan bakat-bakat pesepakbola hebat asal Sumbar untuk mengikuti PON 20 di papua, serta untuk pembinaan generasi muda,” pungkasnya.