Liga Europa

(CUPLIKAN GOL) Man United 2-1 Anderlecht: Tuah Rashford!

  • Manchester United berhasil melangkah ke babak semifinal Liga Europa 2016/17 usai mengalahkan Anderlecht 2-1 di leg kedua babak perempatfinal.
  • Gol kemenangan Setan Merah dicetak oleh Marcus Rasford di babak tambahan kedua.
  • Kemenangan 2-1 ini membuat Man United unggul agregat 3-2 atas Anderlecht.

Jumat, 21 April 2017 04:36 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
@SquawkaNews
Rashford menjadi pahlawan kemenangan Manchester United atas Anderlecht berkat gol penentu di babak tambahan. Copyright: @SquawkaNews
Rashford menjadi pahlawan kemenangan Manchester United atas Anderlecht berkat gol penentu di babak tambahan.

Babak Pertama

Tampil di hadapan pendukungnya sendiri, Manchester United langsung mengambil inisiatif untuk menyerang jantung pertahanan Anderlecht. Hasilnya, saat laga baru berjalan 10 menit, Setan Merah sudah mampu membuka keunggulan lebih dulu.

Gol pembuka keunggulan skuat besutan Jose Mourinho datang dari kaki Henrik Mkhitaryan. Mantan pemain Borussia Dortmund itu mampu melepaskan sebuah sepakan keras kaki kanan, hasil operan dari Marcus Rashford di dalam kotak penalti. Man United sementara unggul 1-0 atas Anderlecht.

Memasuki menit ke-22, masalah menghampiri kubu tuan rumah. Salah satu bek andalan mereka, Marcos Rojo terkapar di lapangan usai bertabrakan dengan pemain Anderlecht. Mourinho pun memutuskan menarik mundur Rojo dan memasukkan Daley Blind.

Ditariknya Rojo ternyata membuat pertahanan Man United sedikit mengendur. Menyadari hal tersebut, Anderlecht pun berhasil memanfaatkannya dengan baik setelah pada menit ke-32, Sergio Romero dipaksa memungut bola dari gawangnya.

Bermula dari sepakan kaki kiri dari luar kotak penalti yang dilakukan Youri Tielemans, bola masih mengenai mistar gawang. Lukasz Teodorczyk yang mendapat bola mentahan langsung berikan umpan kepada Sofiane Hanni dan tanpa pikir panjang melepaskan sepakan kencang ke dalam gawang Man United. Skor menjadi imbang 1-1.

Selanjutnya, kedua tim sama-sama menampilkan permainan menyerang untuk kembali mencetak gol. Sayang, hingga akhir babak pertama, tidak ada gol lagi yang tercipta. Skor imbang 1-1 pun menutup laga babak pertama antara Man United melawan Anderlecht.

Babak Kedua

Sekembalinya dari turun minum, Man United kembali memainkan permainan menyerang seperti yang mereka tunjukkan di awal babak pertama. Saat memasuki menit ke-49, Setan Merah menciptakan peluang nyata yang membahayakan bagi tim tamu.

Luke Shaw yang melakukan penetrasi di sisi kiri lapangan, melepaskan sebuah umpan silang ke dalam kotak penalti. Linggard pun berlari untuk mengejar bola umpan tersebut. Sayang, ia gagal mengarahkan bola ke arah gawang yang sebenarnya dalam kondisi tanpa penjagaan.

Peluang emas bagi Man United untuk mengungguli Anderlect kembali terjadi saat laga sudah memasuki menit k69. Memanfaatkan kesalahan lini belakan Anderlecht, Rashford mampu mencuri bola dan langsung berhadapan satu lawan satu dengan kiper Ruben.

Sial, pemain muda Man United tersebut melakukan sentuhan yang terlalu kuat dan membuat bola bergulir cepat dan ia pun gagal dalam melepaskan tendangan ke arah gawang.

Sepanjang laga babak kedua, Anderlecht hampir jarang melakukan penyerangan ke lini pertahanan Man United. Peluang paling bagus yang mereka dapatkan adalah ketika menit ke-70, saat Acheampong melakukan tembakan, namun masih mengenai pemain belakang Man United dan membuat bola melayang di atas mistar gawang.

Hingga peluit panjang tanda berakhirnya waktu normal 90 menit pertandingan dibunyikan, kedua kesebelasan tidak ada lagi yang menciptakan gol. Alhasil, pertandingan dilanjutkan ke babak tambahan 2 x 15 menit.

Babak Tambahan Pertama

Man United mengawali awal babak tambahan pertama dengan pergantian pemain. Ibrahimovic yang gagal mencetak gol dalam laga kali ini, ditarik mundur dan digantikan oleh Anthony Martial.

Anderlecht sempat membuat jantung penggemar Man United berdebar-debar pada menit ke-93. Obradovic menggiring bola ke sisi kiri dan melepaskan tembakan keras. Sayang, arah bola masih sedikit menyamping dari gawang.

Empat menit jelang berakhirnya babak tambahan pertama, Paul Pogba mampu memasukkan bola ke dalam gawang Anderlecht. Sayang gol tersebut dianulir wasit lantaran telah terjadi pelanggaran lebih dulu yang dilakukan oleh Fellaini. Masih tidak ada gol tercipta di babak tambahan pertama.

Babak Tambahan Kedua

Dua menit sejak dimulainya babak tambahan kedua, sorak sorai memenuhi Stadion Old Trafford setelah Marcus Rashford mampu menendang bola dan menembus gawang Anderlecht.

Menerima umpan sundulan dari Fellaini di dalam kotak penalti, Rashford dengan tenang menendang bola dengan kaki kirinya, yang tidak mampu dihalau dengan baik oleh Ruben. Skor menjadi 2-1 untuk keunggulan Man United.

Sukses unggul atas tim tamu membuat Man United mengubah strategi menjadi bertahan. Hal tersebut dimanfaatkan Anderlecht untuk terus memborbardir gawang Man United.

Beruntung, hingga peluit panjang ditiup oleh wasit, tidak ada gol lagi yang tercipta. Manchester United keluar sebagai pemenang dengan skor akhir 2-1 dan unggul agregat 3-2 atas Anderlecht.

Susunan Pemain Kedua Tim:

Man United (4-2-3-1): Sergio Romero; Antonio Valencia, Marcos Rojo (Daley Blind '22), Eric Bailly, Luke Shaw; Michael Carrick, Paul Pogba; Jesse Lingard (Marouane Fellaini '60), Henrik Mkhitaryan, Marcus Rashford; Zlatan Ibrahimovic.
Cadangan: David De Gea, Wayne Rooney, Anthony Martial, Daley Blind, Ashley Young, Ander Herrera, Marouane Fellaini.
Pelatih: Jose Mourinho.

Anderlecht (4-3-3): Ruben; Dennis Appiah, Kara Mbodji, Uros Spajic, Ivan Obradovic; Youri Tielemans, Leander Dendoncker, Sofiane Hanni (Nicolae Stanciu '64); Alexandru Chipciu (Massimo Bruno '64), Lukasz Teodorczyk (Isaac Kiese Thelin '79), Frank Acheampong.
Cadangan: Olivier Deschacht, Massimo Bruno, Bram Nuytinck, Diego Capel, Frank Boeckx, Isaac Kiese Thelin, Nicolae Stanciu.
Pelatih: Rene Weiler.

Komentar