Julia Perez, Semangat Kartini dan Lapangan Hijau

Jumat, 21 April 2017 13:23 WIB
Editor: Ahmad Priobudiyono
© Ratno Prasetyo/INDOSPORT
Julia Perez Copyright: © Ratno Prasetyo/INDOSPORT
Julia Perez

Raden Ayu Kartini telah menjadi sosok inspiratif bagi wanita Indonesia dari masa ke masa. Kiprahnya dalam memperjuangkan emansipasi wanita telah memberikan warna kehidupan bagi kaum perempuan Indonesia.

Semasa hidupnya, Kartini memiliki cita-cita sederhana. Ia hanya tak ingin kaumnya berada di bawah kaum pria atau menjadi kelas kedua di tengah masyarakat. Pendidikan menjadi alat perjuangan untuk merealisasikan ambisinya.

Semangat inilah yang kemudian ditularkan kepada kaum perempuan Indonesia untuk memiliki peran sentral di masyarakat. Kaum perempuan Indonesia dengan kualitasnya yang semakin maju telah mengisi ruang-ruang yang biasa diisi oleh kaum lelaki, termasuk dunia sepakbola.

Ya, dunia si kulit bundar menjadi salah satu ruang yang coba diisi oleh salah satu aktris hiburan Tanah Air, Yuli Rahmawati atau akrab dikenal dengan nama Julia Perez dalam mengejawantahkan nilai dan semangat perjuangan RA Kartini.

Aktris yang kini terbaring lemah di rumah sakit, karena menderita kanker serviks ini memang tak terjun sebagai seorang pesepakbola. Namun banyak hal yang ia perbuat untuk kemajuan sepakbola khususnya di Tanah Air.

Namun sisi keartisannya membuat kerja keras dan wujud cintanya untuk dunia sepakbola nyaris tak terdengar. Bersamaan dengan peringatan Hari Kartini, INDOSPORT mencoba membeberkan fakta terkait usaha Jupe, sapaan akrabnya, untuk memajukan sepakbola Indonesia.