Empat Pemain Ini Berpotensi Hijrah ke Manchester United

Sabtu, 22 April 2017 13:27 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© wallpapercave
Logo Manchester United. Copyright: © wallpapercave
Logo Manchester United.

Manchester United dalam bahaya. Klub tersukses dari tanah Inggris tersebut kini berada di posisi 5 klasemen sementara Liga Primer Inggris, terpaut 4 poin dari tetangga berisik mereka, Manchester City, yang akan menjalani laga semifinal mereka di Piala FA pada Minggu besok.

Keluarnya Setan Merah dari zona 4 besar tak lepas dari peran serta para penggawanya, terutama dari sektor lini depan pasukan Jose Mourinho. Pada musim ini, sebelum laga melawan Burnley pada Minggu besok, Paul Pogba dkk hanya mampu mencetak 48 gol dari 31 laga yang telah mereka lakoni.

Jumlah pundi-pundi gol tersebut tak lebih baik dari dua pesaing mereka di bawahnya, Everton dan Arsenal. The Gunners yang bercokol di posisi 6 klasemen mampu mencetak 63 gol, sedangkan Everton (sebelum melawan West Ham) yang berada di posisi 7 setidaknya mampu mencetak 60 gol.

© Getty Images
Caption Copyright: Getty ImagesLukaku (tengah) saat melawan Manchester United.

Keefektifan dua klub tersebut dari Manchester United, tak lepas dari peran serta para penggawa mereka pada sektor lini depan dan gelandang serangnya. Arsenal, walau masih dirundung masalah pada sektor kepelatihannya dengan tagar #WengerOut, setidaknya mampu memaksimalkan Mesut Ozil dan Alexis Sanchez dalam menggetarkan jala lawannya.

Terbukti, keduanya saat ini menjadi yang paling produktif di skuat Arsene Wenger. Ozil kini mencetak 11 gol dan 11 assists, sedangkan Sanchez mampu mencetak 23 gol dan 18 assists untuk The Gunners. Bahkan, si ‘kaki kaca’ Theo Walcott pun mulai menunjukkan keproduktifannya dengan mencetak 19 gol serta 2 assists, hingga artikel ini diturunkan.

© Getty Images
Caption Copyright: Getty ImagesSanchez (kiri) bersama Mesut Ozil.

Berbeda dengan Arsenal, Everton hanya mampu mengandalkan Romelu Lukaku seorang, yang mana pada musim ini telah mencetak 25 gol dan 7 assists. Ross Barkley, Kevin Mirallas, hingga Seamus Coleman hanya mampu memberikan kontribusi masing-masing 4 gol.

Skuat Jose Mourinho pada dasarnya mirip dengan Everton, yang mana hanya mengandalkan satu orang dalam menggetarkan jala di jantung pertahanan lawan. Pembedanya, adalah tingkat kreatifitas dari para gelandang yang menyokong di belakangnya.

Lukaku beruntung, selain dirinya mampu memberikan kreatifitas dengan jumlah 6 assists, ia juga disokong oleh talenta muda Inggris, Barkley, dalam memberikan ruang dan pergerakan untuk dirinya di depan gawang lawan. Gelandang Timnas Inggris itu menjadi pemain The Toffees yang memiliki jumlah assists terbanyak, yaitu 9 kali. Belum lagi kontribusi Mirallas yang kini juga telah mencetak 6 assists.

Sedangkan kubu Man United selama ini hanya mengandalkan Zlatan Ibrahimovic di lini depan. Dengan kontribusi 28 gol dan 10 assists di segala kompetisi pada musim ini, terlihat jelas dirinya menjadi tulang punggung kubu Setan Merah.

Parahnya lagi, pemain asal Swedia itu kini tengah mengalami cedera di pahanya, saat melawan Anderlecht di leg kedua perempatfinal, Jumat (21/04/17) kemarin. Dirinya akan absen bermain sepakbola selama 9 bulan lamanya, yang artinya ia telah menutup musim ini lebih cepat.

© Getty Images
Caption Copyright: Getty ImagesIbrahimovic yang merintis kesakitan saat melawan Anderlecht.

Hanya Ander Herrera dari sektor gelandang yang mampu menunjukkan kualitasnya sejauh ini. Mantan pemain Athletic Bilbao itu telah mencetak 10 assists dan 2 gol, termasuk saat menjadi bintang kala mengalahkan Chelsea di Old Trafford pada Minggu (16/04/17) lalu.

Tentu, Mourinho pastinya berkaca dengan komposisi skuatnya musim ini. Dirinya diyakini akan membeli beberapa pemain baru, terutama untuk sektor lini depan dan gelandang serang, guna produktif dalam mencetak gol di kompetisi musim depan.

Melihat hal ini pula, INDOSPORT merangkum beberapa pemain yang memiliki potensi untuk hijrah ke Old Trafford, dinilai dari beberapa faktor yang ada:

2.4K