8 Fakta El Clasico yang Siap Dipecahkan

Minggu, 23 April 2017 16:49 WIB
Editor: Gregah Nurikhsani Estuning
© Gonzalo Arroyo Moreno/Getty Images
El Clasico jilid 266 menjadi milik Messi dan Ronaldo. Copyright: © Gonzalo Arroyo Moreno/Getty Images
El Clasico jilid 266 menjadi milik Messi dan Ronaldo.

Real Madrid akan menjamu rival abadi mereka, Barcelona, dalam laga bertajuk El Clasico pada Senin (24/04/17) dini hari WIB. Bermain di Santiago Bernabeu, anak asuh Zinedine Zidane berada dalam tingkat kepercayaan diri yang tinggi.

Pasalnya, mereka baru saja menyingkirkan raksasa Bundesliga, Bayern Munchen, dalam ajang perempatfinal Liga Champions musim ini dengan agregat 6-3. Hal itu menjadi modal utama untuk skuat Los Blancos dalam menghadapi Lionel Messi cs.

© JAVIER SORIANO/AFP/Getty Images
Performa Madrid tengah apik menyusul kemenangan meyakinkan atas Bayern Munchen di Liga Champions. Copyright: JAVIER SORIANO/AFP/Getty ImagesPerforma Madrid tengah apik menyusul kemenangan meyakinkan atas Bayern Munchen di Liga Champions.

Terlepas dari kesiapan kedua kesebelasan, ada sejumlah catatan menarik yang menarik untuk disimak. Beberapa di antaranya bahkan masih bisa dipecahkan.

Rivalitas antara dua raksasa 'Spanyol' ini sudah berlangsung selama 115 tahun. Barcelona yang dianggap mewakili Catalonia melawan pemerintahan kerajaan Spanyol memenangi laga perdana kedua kesebelasan tahun 1902 silam.

Saat itu, El Clasico dilangsungkan di ajang Coronation Cup, bukan di pentas liga. Ada pun kemenangan Madrid atas Barcelona pertama kali terjadi tanggal 17 Februari tahun 1929 dengan skor 2-1, yang sekaligus menjadi El Clasico pertama di kancah liga Spanyol.

Di edisi ke-266 ini, kedua kesebelasan bertabur bintang dari 14 negara berbeda. Spanyol masih mendominasi jumlah pemain di Madrid dan Barcelona. Di bawahnya ada Brasil (5), Prancis (4), dan Portugal (4).

Kroasia diwakili oleh Luka Modric, Mateo Kovacic, dan Ivan Rakitic. Sementara Jerman dan Argentina menyumbangkan dua pemain. Sisanya Kosta Rika, Kolombia, Wales, Republik Dominika, Belanda, Turki, dan Uruguay.

Selain data dan fakta di atas, INDOSPORT merangkum 8 catatan lain yang masih bisa tergantikan di masa-masa mendatang. Bukan tidak mungkin ada beberapa yang terpecahkan Senin dini hari nanti.

8. Lionel Messi Top Skor El Clasico dengan 21 Gol

La Pulga mengoleksi 21 gol dari 33 penampilannya di El Clasico. Dari total gol tersebut, lebh dari setengah atau tepatnya 14 gol lahir di pentas La Liga Spanyol.

Di bawah Messi, ada Alfredo di Stefano, legenda Madrid yang telah cetak 18 gol, atau dua gol lebih banyak ketimbang Cristiano Ronaldo. Torehan gol CR7 di arena liga juga jauh di bawah Messi, yakni 8 gol.

Menariknya, bintang Argentina itu sudah 6 laga gagal mencetak gol ke gawang Los Galacticos. Nanti, bisa dipastikan Messi akan termotivasi merobek gawang sang rival.

7. Manuel Sanchis, Pemain dengan Penampilan El Clasico Paling Banyak

Messi membutuhkan 11 El Clasico lagi untuk melebihi rekor milik Manuel Sanchis. Pasalnya, 43 penampilan yang dimiliki Sanchis masih terpaut 10 lagi dari Messi (33).

Di tempat kedua ada Paco Gento dengan 41 penampilan dan Raul Gonzales. Andres Iniesta (34) masih unggul  satu laga dari Sergio Ramos (33).

6. 8-2, Kekalahan dengan Margin Paling Besar di Madrid

Kekalahan telak tentu saja paling dihindari oleh semua orang di Barcelona. Tapi pada tahun 1934/35, sejarah tercipta mana kala Blaugrana dibantai Madrid dengan skor 8-2.

Sebaliknya, kemenangan dengan selisih gol terbesar yang pernah diraih Barca terjadi pada musim 1973/74 silam. Waktu itu, Johan Cruyff dan kawan-kawan berhasil membantai Los Blancos dengan skor 5-0.

Sedikit ke belakang, atau tepatnya 2008/09, kemenangan besar juga pernah dirasakan Barcelona. Brace dari Messi membawa timnya menang telak 6-2.

5. Hasil Imbang 0-0 Tak Pernah Menjadi Skor Akhir Selama 15 Tahun.

Terakhir kali hasil imbang tanpa gol terjadi pada 23 November 2002 silam, itu pun terjadi di Camp Nou. Ada pun di Santiago Bernabeu, laga 0-0 terjadi di musim 1986/87, atau 30 tahun lalu di pentas 'play off'.

4. Tuan Rumah Bukan Jaminan

Dalam tiga pertandingan terakhir, Barcelona berhasil unggul 4-0 di Bernabeu, sedangkan Madrid menang sekali dengan skor 2-1 dan sisanya berakhir imbang di Camp Nou. Ini membuktikan bahwa bermain sebagai tuan rumah tak mesti menjamin kemenangan.

3. Ramos dan Iniesta, Pemain Asal Spanyol Terakhir yang Mencetak Gol di El Clasico

© Alex Caparros/Getty Images
Andres Iniesta dan Sergio Ramos. Copyright: Alex Caparros/Getty ImagesAndres Iniesta dan Sergio Ramos.

Dari banyaknya pemain Spanyol yang bermain di kedua kesebelasan, Sergio Ramos dan Andres Iniesta merupakan yang terakhir kali mencetak gol di Bernabeu. Ramos melakukannya pada edisi 2012/13, sementara Iniesta musim lalu.

2. Real Madrid Selalu Mencetak Gol di 55 Laga Terakhir, Akankah Terhenti di Markas Sendiri?

Tentu masih hangat di benak suporter Madrid perihal kemenangan atas Bayern Munchen di leg dua perempatfinal Liga Champions beberapa waktu lalu. Skor 4-2 juga memastikan catatan tak pernah berhenti mencetak gol di 55 laga terakhirnya.

Sebaliknya, Barcelona justru gagal mencetak gol di laga terakhirnya melawan Juventus di leg dua perempatfinal Liga Champions di Camp Nou.

1. MSN Cetak Banyak Gol Ketimbang BBC

Trio Messi-Suarez-Neymar (MSN) berhasil mencetak 61 gol dari 91 laga yang dicetak Barcelona. Lionel Messi menggila dengan 29 gol, lalu diikuti oleh Luis Suarez (23) dan Neymar (9).

Sebaliknya, BBC-nya Madrid, yakni Bale-Benzema-Cristiano Ronaldo baru berhasil melesakkan 35 dari 82 gol Real Madrid. CR7 unggul jauh dengan torehan 19 gol, sedangkan Benzema mengoleksi 9, diikuti Gareth Bale dengan 7 gol.

1K