Piala FA

(CUPLIKAN GOL) Arsenal 2-1 City: Derby London di Final!

Minggu, 23 April 2017 23:39 WIB
Editor: Rendy Gusti
© Twitter/@ManCity
Arsenal vs Manchester City di semifinal Piala FA. Copyright: © Twitter/@ManCity
Arsenal vs Manchester City di semifinal Piala FA.

Babak Pertama

Melawan Manchester City, Arsenal kembali menggunakan formasi 3 bek dengan menempatkan Gabriel Paulista, Laurent Koscielny, dan Rob Holding di lini pertahanan. Sedangkan Pep Guardiola meladeni perlawanan The Gunners dengan menggunakan formasi 4-2-3-1 dan mengandalkan Sergio Aguero sebagai tumpuan serangan.

Di awal-awal laga, kedua tim sudah memperlihatkan determinasi untuk mencuri gol dari lawannya. Jual beli serangan pun tak terelakkan dan membuat laga semakin menarik untuk dilihat. Kedua tim akan berusaha untuk memenangkan laga demi melangkah ke final Piala FA dan bertemu dengan Chelsea.

Pada menit ke-21, Laurent Koscielny berhasil menggetarkan jala Claudio Bravo. Namun sayang, gol tersebut harus dianulir karena bek asal Prancis itu sudah lebih dulu terperangkap offside. Baik Manchester City dan Arsenal masih mencari cara untuk bisa menembus pertahanan lawan.

Memasuki menit ke-23, Pep Guardiola sudah harus mengganti David Silva yang tak mampu melanjutkan pertandingan. Raheem Sterling pun dimasukkan untuk mengisi kekosongan yang ditinggalkan pesepakbola asal Spanyol itu di lini tengah.

Menjelang akhir-akhir laga, tambahan waktu 1 menit yang diberikan wasit tak mampu dimaksimalkan kedua tim. Skor 0-0 masih menghiasi laga antara Arsenal kontra Manchester City pada semifinal Piala FA di Wembley Stadium.

Babak Kedua

Memasuki babak kedua, baik Arsene Wenger dan juga Pep Guardiola tak melakukan pergantian pemain. Para pemain yang diturunkan sejak menit pertama masih dipercaya untuk mengarungi babak kedua ini.

Setelah bermain imbang 0-0 di babak pertama, gol yang dinanti pun akhirnya datang juga. Berawal dari kesalahan Aaron Ramsey, Yaya Toure berhasil merebut bola dari pesepakbola asal Wales tersebut. Tanpa pikir panjang, Toure langsung melakukan umpan panjang ke lini depan.

Sergio Aguero yang lolos dari perangkap offside berlari seorang diri ke jantung pertahanan Arsenal. Pesepakbola asal Argentina itu dengan tenang berhasil mengelabui Petr Cech dan membuat The Citizens unggul 1-0 atas Arsenal.

Tertinggal 1 gol membuat The Gunners semakin agresif melancarkan serangan. Melalui serangan yang dibangun dari sisi kanan lapangan, Alex Oxlade-Chamberlain memberikan umpan ke dalam kotak penalti Manchester City. Nacho Monreal yang datang dari belakang berhasil menyambar umpan Chamberlain dan membuat skor kembali imbang 1-1, memasuki menit ke-71.

Manchester City hampir saja menggandakan keunggulannya melalui Yaya Toure. Gelandang berusia 33 tahun itu melakukan sepakan voli dari luar kotak penalti, namun harus kandas karena sepakannya membentur tiang gawang.

Menjelang akhir-akhir laga, kedua tim tak mampu memaksimalkan 3 menit waktu tambahan yang diberikan oleh pengadil lapangan. Skor imbang 1-1 memaksa pertandingan dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu.

Extra Time

Di babak perpanjangan waktu ini, Pep Guardiola mengganti 2 pemainnya sekaligus. Sergio Aguero serta Fernandinho ditarik keluar. Mantan pelatih Barcelona itu memasukkan Fabian Delph dan Fernando untuk memperkuat lini tengahnya.

Namun, tak lama setelah pergantian pemain tersebut The Citizens justru malah kebobolan. Adalah Alexis Sanchez yang berhasil menggandakan keunggulan The Gunners menjadi 2-1 atas Manchester City, dengan memanfaatkan kemelut di depan mulut gawang.

Tertinggal 1 gol membuat pertandingan semakin panas. Tekel serta permainan kasar pun kerap diperlihatkan kedua tim. The Citizens melakukan beberapa pergantian pemain lagi demi mempertajam lini serangnya. Raheem Sterling ditarik keluar untuk digantikan oleh Kelechi Iheanacho.

Tambahan 1 menit yang diberikan wasit tak mampu mengubah papan skor di perpanjangan waktu ini. Arsenal berhasil melangkah ke final Piala FA dan bertemu dengan Chelsea. The Gunners menang dengan skor 2-1 atas Manchester City di Wembley Stadium.

Berikut adalah susunan pemain Arsenal vs Manchester City di semifinal Piala FA.

Arsenal (3-4-2-1)
Cech; Paulista, Koscielny, Holding; Chamberlain (Bellerin 105'), Ramsey, Xhaka, Monreal, Ozil (Coquelin 117'), Sanchez; Giroud (Welbeck 83')
Cadangan: Gibbs, Walcott, Iwobi, Welbeck, Bellerin, Martinez, Coquelin
Pelatih: Arsene Wenger

Manchester City (4-2-3-1)
Bravo; Clichy, Otamendi, Kompany, Navas; Toure, Fernandinho (Fernando 99'), Sane, Silva (Sterling 23', Iheanacho 106'), Bruyne; Aguero (Delph 99')
Cadangan: Zabaleta, Fernando, Sterling, Kolarov, Caballero, Delph, Iheanacho
Pelatih: Pep Guardiola

2.6K