Liga 1 Indonesia

Lega Tak Hadapi El Loco, Pelatih Bhayangkara Kirim 'Doa' Buruk untuk Arema FC

Minggu, 23 April 2017 15:22 WIB
Kontributor: Ian Setiawan | Editor: Rizky Pratama Putra
© Fajar Kristanto/INDOSPORT
Pemain Bhayangkara FC dan pelatih anyar, Simon McMenemy. Copyright: © Fajar Kristanto/INDOSPORT
Pemain Bhayangkara FC dan pelatih anyar, Simon McMenemy.

Gojek Traveloka Liga 1 baru masuk pekan kedua, Bhayangkara FC sudah menemui jalan terjal. Pasca melawan Perseru Serui di laga perdana, BFC mesti bekerja ekstra keras dalam mendulang angka saat bertandang ke markas Arema FC.

Namun, ada satu hal yang membuat Simon McMenemy sedikit senang dalam lawatannya kali ini. Simon setidaknya terhindar dari momok menakutkan bernama Cristian Gonzales, sehingga membuat tim asuhannya berpeluang besar mencatat clean sheet.

"Tentu sedikit menguntungkan, karena Arema bermain tanpa Cristian Gonzales. Jika clean sheet, kami membuka peluang untuk mencuri angka di Malang," ujar head coach Bhayangkara FC tersebut.

© Ian Setiawan/INDOSPORT
Penyerang Arema FC, Cristian Gonzales saat mengontrol bola. Copyright: Ian Setiawan/INDOSPORTPenyerang Arema FC, Cristian Gonzales saat mengontrol bola.

Gonzales merupakan salah satu pemain yang kerap menjadi momok bagi mantan pelatih Timnas Filipina tersebut. Pasalnya, Simon selalu kesulitan setiap kali tim asuhannya bertemu El Loco, yang dianggapnya merupakan salah satu striker terbaik di Indonesia.

"Tidak ada yang meragukan kualitas seorang Cristian Gonzales, dan harus saya akui, tim saya selalu kurang beruntung setiap kali berhadapan dengan dia," sambungnya.

Teror El Loco pertama kali menghantui Simon kala menangani Timnas Filipina tahun 2010 silam. Dalam dua kali pertemuan di semifinal Piala AFF, El Loco sukses mengoyak jala gawang Filipina dua kali dalam kemenangan identik 1-0 hingga membuat Indonesia melaju ke final turnamen.

© Ian Setiawan/Indosport
Juan Pablo Pino Puello dalam latihan pertamanya. Copyright: Ian Setiawan/IndosportJuan Pablo Pino Puello dalam latihan pertamanya.

Kesulitan itu pun terus berlanjut sepanjang kariernya membesut beberapa klub Indonesia, hingga saat Bhayangkara FC takluk 0-2 di salah satu pertandingan Grup B Piala Presiden Februari 2017 lalu. Meski El Loco tidak mencatat gol, namun perannya di lapangan mampu membuat Otavio Dutra dan kawan-kawan saat itu tertekan sepanjang pertandingan.

"Selain Cristian Gonzales, saya juga berharap supaya penggantinya (Juan Pablo Pino) tidak berada dalam kondisi fit. Sehingga kami bisa menyulitkan Arema," ujar pelatih kebangsaan Skotlandia tersebut sembari tersenyum.

Rekor Gol Cristian Gonzales ke gawang tim asuhan Simon McMenemy :
16/12/2010 (AFF) Filipina vs Indonesia 0-1
Gol : Cristian Gonzales 32'
19/12/2010 (AFF) Indonesia vs Filipina 1-0
Gol : Cristian Gonzales 43'
28/02/2013 (ISL) Arema Cronus vs Pelita Bandung Raya 4-2
Gol : Alberto Goncalves 10', 51', 77'pen, Cristian Gonzales 90' - Gaston Castano 48', Dane Milovanovic 86'
 

60