La Liga Spanyol

(CUPLIKAN GOL) Madrid 2-3 Barcelona: Tuah Messi!

Senin, 24 April 2017 03:44 WIB
Editor: Rendy Gusti
© Gonzalo Arroyo Moreno/Getty Images
Bintang Barcelona, Lionel Messi. Copyright: © Gonzalo Arroyo Moreno/Getty Images
Bintang Barcelona, Lionel Messi.

 Babak Pertama

Dalam laga El Clasico jilid 2 di musim 2016/17 ini, baik Real Madrid dan Barcelona sama-sama menggunakan formasi 4-3-3. Bermain di Santiago Bernabeu, kedua tim memulai laga dengan cukup panas. Belum genap 5 menit, berbagai pelanggaran sudah banyak terjadi di laga ini.

Secara mengejutkan Real Madrid mampu unggul dalam penguasaan bola yang cukup jauh dari tim tamunya. Los Blancos tercatat unggul sebanyak 77 persen penguasaan bola dari Barcelona.

Pada menit ke-21 Lionel Messi harus mendapatkan perawatan medis setelah berduel dengan Marcelo. Sikut pemain asal Brasil itu mengenai wajah bintang Argentina dan membuatnya bercucuran darah. Meskipun begitu, Messi masih bisa melanjutkan pertandingan setelah mendapatkan perawatan di sisi lapangan.

Real Madrid berhasil unggul lebih dahulu melalui gelandang tengahnya, Casemiro di menit ke-28. Gelandang asal Brasil itu berhasil memanfaatkan bola muntah hasil sepakan Sergio Ramos yang mengenai tiang gawang, 1-0 untuk keunggulan tuan rumah.

Berselang 5 menit, giliran Barcelona yang mencetak gol melalui pemain megabintangnya Lionel Messi. Memanfaatkan umpan Ivan Rakitic, Messi berhasil mengelabui 2 pemain belakang El Real sebelum menaklukkan Keylor Navas dengan sepakan kaki kirinya.

Menjelang akhir-akhir babak pertama, Barcelona kembali bangkit dengan menguasai jalannya pertandingan. Gol dari Lionel Messi membuat laga kembali imbang dan para pemain El Barca semakin bersemangat.

Tambahan waktu 2 menit yang diberikan wasit asal Spanyol, Alejandro Hernandez tak mampu dimaksimalkan kedua tim. Skor imbang 1-1 menghiasi babak pertama laga El Clasico di pekan ke-33 La Liga Spanyol ini.

Babak Kedua

Memasuki babak kedua, Real Madrid langsung tancap gas dengan melakukan serangan bertubi-tubi ke jantung pertahanan Barcelona. Beruntung, Gerard Pique dan Marc-Andre ter Stegen berhasil melakukan penyelamatan gemilang sehingga gawang El Barca tak kembali kebobolan.

Barcelona nyaris saja mencetak gol keduanya melalui Paco Alcacer. Namun sayang, sepakan pemain asal Spanyol itu terlalu lemah dan mampu dibaca oleh Keylor Navas. Tak hanya itu saja, Gerard Pique juga mencoba mencari gol kedua melalui sundulan kepalanya. Tetapi kegemilangan Navas di bawah mistar gawang masih belum bisa ditembus para pemain El Barca.

Pertandingan semakin panas memasuki menit ke-65. Melalui skema serangan balik, Cristiano Ronaldo nyaris membawa El Real unggul andai sepakannya dari jarak dekat berhasil menemui sasaran.

Setelahnya, giliran Barcelona yang mendapatkan peluang emas melalui striker andalan mereka, Luis Suarez. Mendapat umpan di depan gawang El Real, mantan pemain Liverpool itu melakukan sepakan keras menggunakan kaki kanannya. Sayang, tembakannya masih bisa dihalau oleh Keylor Navas.

Memasuki menit ke-73, Barcelona akhirnya berhasil unggul atas tim tuan rumah melalui sepakan jarak jauh Ivan Rakitic. Sepakan kaki kiri pesepakbola asal Kroasia itu tak mampu dibendung oleh Keylor Navas, dan bola meluncur mulus masuk ke dalam gawang.

Sudah jatuh tertimpa tangga pula, Real Madrid harus bermain dengan 10 orang ketika Sergio Ramos dikartu merah oleh wasit Alejandro Hernandez setelah melakukan tekel keras kepada Lionel Messi. Barcelona semakin di atas angin atas rival abadinya.

Keputusan Zinedine Zidane memasukkan James Rodriguez di menit ke-82 menggantikan Karim Benzema terbayar lunas setelah pesepakbola asal Kolombia itu mencetak gol. Mendapat umpan dari Marcelo dari sisi kiri lapangan, James berhasil menaklukkan Ter Stegen dengan sepakan kaki kirinya, skor 2-2 menghiasi laga antara Real Madrid kontra Barcelona.

Menjelang akhir-akhir laga, Lionel Messi kembali mencatatkan namanya di papan skor. Melalui serangan balik cepat yang dilakukan Barcelona, Messi berhasil menaklukkan Keylor Navas dan El Barca unggul 3-2 atas Real Madrid.

Selepas gol tersebut, wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan. Barcelona berhasil memenangkan El Clasico jilid 2 di Santiago Bernabeu dengan skor 3-2 atas Real Madrid.

Berikut adalah susunan pemain Real Madrid vs Barcelona di pekan ke-33 La Liga Spanyol.

Real Madrid
Navas; Carvajal, Ramos, Nacho, Marcelo; Kroos, Casemiro (Kovacic 70'), Modric; Bale (Asensio 39'), Benzema (James 82'), Ronaldo
Pelatih: Zinedine Zidane

Barcelona
Ter Stegen; Roberto, Pique, Umtiti, Alba; Busquets, Rakitic, Iniesta; Messi, Suarez, Alcacer (Gomes 70')
Pelatih: Luis Enrique

5.4K