Liga 1 Indonesia

Lakoni Debut Gemilang, Pino Menuai Pujian dari Pelatih Arema FC

Senin, 24 April 2017 11:47 WIB
Kontributor: Ian Setiawan | Editor: Rizky Pratama Putra
© Ian Setiawan/INDOSPORT
Juan Pablo Pino saat pertandingan menghadapi Bhayangkara FC. Copyright: © Ian Setiawan/INDOSPORT
Juan Pablo Pino saat pertandingan menghadapi Bhayangkara FC.

Debut Juan Pablo Pino Puello di kompetisi Liga 1 Indonesia, menuai banyak pujian. Marquee player Arema FC itu turut berkontribusi atas kemenangan timnya atas Bhayangkara FC dengan skor 2-0, pada laga kandang perdana di Gojek Traveloka Liga 1 Minggu (23/04/17) malam.

Seusai pertandingan, Aji Santoso tak kuasa untuk langsung melontarkan pujian kepada penggawa barunya itu. Meski hanya mencatat debut selama 26 menit, attacking midfielder kelahiran Kolombia tersebut mampu memberi sumbangsih bagi kemenangan Arema.

"Anda semua melihat bagaimana Pino bermain sepakbola dengan gaya khasnya. Meski singkat, tapi dia sudah berperan cukup besar untuk kemenangan tim," papar Pelatih Arema FC tersebut.

Pujian itu berdasarkan sejumlah sentuhan efektif yang dilakukan Pino. Eks pemain AS Monaco dan Galatasaray itu terlihat sangat efektif dalam pergerakan, namun tetap tampil apik dengan penempatan posisi yang bagus.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pelatih Arema FC, AJi Santoso. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTPelatih Arema FC, Aji Santoso.

Baru satu menit masuk lapangan menggantikan Muhammad Rafli di menit ke-64, Pino menandai sentuhan pertamanya dengan shooting jarak jauh yang masih melebar dari gawang Wahyu Tri Nugroho. Sementara kontribusi besarnya terjadi pada menit ke-71, ketika terciptanya gol Esteban Vizcarra. 

"Tapi saya yakin itu belum seberapa. Jika kondisinya memang fit betul, saya percaya perannya semakin besar dalam tim ini," ungkap Aji.

Faktor jet lag dan adaptasi, memang memengaruhi debut Pino yang hanya tercatat kurang dari setengah jam. Aji paham betul kondisinya, sehingga tidak memaksakan Pino turun sejak menit awal.

"Sebelumnya saya sudah diskusi dengan Pino, terkait keinginannya bermain berapa menit. Dia bilang masih belum fit, sehingga durasi yang dia mainkan (selama 26 menit) sudah cukup baik untuk adaptasinya," pungkas eks Pelatih Timnas U-23 tersebut.
 

471