Road to Cardiff 2017: Menanti Gebrakan Juventus

Senin, 24 April 2017 17:09 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT/Getty Images
Road to Cardiff 2017, Millennium Stadium: Juventus. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT/Getty Images
Road to Cardiff 2017, Millennium Stadium: Juventus.

Liga Champions musim 2016/17 telah menjajaki fase semifinal, di mana empat tim terkuat Eropa kini berusaha untuk saling menjatuhkan satu sama lain, guna memuluskan langkah mereka dalam menginjakkan kaki di Millennium Stadium, Cardiff.

Salah satu dari empat tim terkuat Eropa itu adalah pimpinan klasemen sementara Serie A Italia saat ini, Juventus. Langkah I Bianconeri untuk menuju fase empat besar kali ini dapat dikatakan cukup mudah.

Pasalnya, anak asuh Massimiliano Allegri ini tidak pernah mengalami kekalahan untuk dapat menginjakkan kaki mereka di fase semifinal. Hanya Real Madrid yang memiliki rekor serupa, dengan belum pernah kalah di ajang Liga Champions musim ini.

Bahkan, jala Gianluigi Buffon hanya tercoret saat bermain di fase grup. Berada di grup H bersama Sevilla, Dinamo Zagreb, serta Olympique Lyon, La Vecchia Signora hanya kebobolan sebanyak dua gol saja, dengan memasukkan 10 gol ke gawang lawan.

Hanya Corentin Tolisso dari Lyon serta Nicolas Pareja dari Sevilla yang mampu menggetarkan jala ‘Superman’ asal Italia satu ini. Selebihnya, Si Nyonya Tua tidak mendapatkan perlawanan yang berarti, termasuk pada fase gugur sekali pun.

© Getty Images
Alex Sandro saat berduel dengan Herrera di laga tandang melawan Porto. Copyright: Getty ImagesAlex Sandro saat berduel dengan Herrera di laga tandang melawan Porto.

Di perdelapanfinal Juventus bertemu dengan tim kuat asal Portugal, Porto. Pada pertemuan tersebut, Gonzalo Higuain dkk berhasil menyapu bersih dua laga tandang maupun kandang tanpa kebobolan sekali pun, dengan masing-masing skor 2-0 dan 1-0.

Begitu juga saat memasuki fase perempatfinal. Menjadi salah satu laga ‘final dini’ lantaran berhadapan dengan Barcelona, pastinya membuat kenangan pahit atas kegagalan mereka di final Liga Champions 2014/15 kembali terulang. Kala itu, klub yang berbasis di kota Turin ini dikandaskan oleh La Blaugrana dengan skor 1-3.

Akan tetapi, apa yang terjadi justru di luar dugaan. La Blaugrana kalah telak di Juventus Stadium dengan skor 3-0. Sedangkan di Camp Nou, Barcelona yang digadang-gadang akan kembali menunjukkan keajaiban seperti yang mereka lakukan terhadap PSG, justru bermain imbang tanpa gol karena solidnya pertahanan Bianconeri.

© Getty Images
Juventus melakukan selebrasi kelolosan mereka pasca menyingkirkan Barcelona di Camp Nou. Copyright: Getty ImagesJuventus melakukan selebrasi kelolosan mereka pasca menyingkirkan Barcelona di Camp Nou.

Kini, pada fase semifinal Juventus akan dihadapkan dengan tim kuda hitam asal Prancis, AS Monaco. Pada laga kali ini, Les Monegasques bukanlah lawan yang sembarangan, mengingat mereka berhasil menyingkirkan dua tim kuat, Manchester City dan Borussia Dortmund.

Melihat hal ini, INDOSPORT akan merangkum beberapa ulasan menarik Juventus menjelang laga semifinal nantinya, serta analisis pemain dan pertandingan di semifinal nanti.

396