AS Roma Resmi Gandeng Tukang Racik Strategi dari Spanyol

Selasa, 25 April 2017 10:30 WIB
Editor: Gregah Nurikhsani Estuning
© Twitter@Asroma
AS Roma resmi datangkan Monchi. Copyright: © Twitter@Asroma
AS Roma resmi datangkan Monchi.

Pria yang akrab disapa Monchi itu menghabiskan 17 tahun kariernya, juga sebagai direktur olahraga, bersama klub Spanyol, Sevilla. Di tim yang pernah ia bela sebagai pemain itu, ia memberikan sedikitnya 9 trofi bergengsi, baik di level Eropa maupun domestik.

Kabar mengenai resminya Monchi merapat ke Olimpico Stadium langsung disambut senang oleh Presiden Roma, Jim Pallotta. Ia berharap kehadirannya bisa berpengaruh banyak di Giallorossi dalam empat tahun ke depan.

"Atas nama saya pribadi dan mewakili AS Roma, kami mengucapkan selamat datang kepada Monchi di keluarga ini. Kami tak sabar untuk segera memulai jalinan profesional dan membangun era baru di sini," kata Pallotta seperti dirilis laman resmi klub.

© Twitter@Asroma
AS Roma resmi datangkan Monchi. Copyright: Twitter@AsromaAS Roma resmi datangkan Monchi.

"Saya sungguh senang dengan penunjukkan Monchi karena ia adalah salah satu otak paling jenius di sepakbola dunia," sambungnya lagi.

Monchi sebelum hijrah ke Roma sangat lekat dan dianggap sebagai pahlawan oleh publik Sevilla. Ia menghabiskan karier sepakbolanya di tim berjuluk Los Rojiblancos itu sejak masih kecil sebagai penjaga gawang.

Ia berhasil menembus skuat utama dari akademi klub untuk kemudian menjadi kiper utama Sevilla sejak tahun 1990 hingga 1999. Setelah pensiun, ia memilih masuk ke jajaran staf klub per tahun 2000, di mana kemudian Monchi didapuk sebagai direktur olahraga.

Prestasinya selama menjabat posisi vital di Sevilla tidak sembarangan. Selama kurun waktu 17 tahun, Monchi berhasil berikan lima gelar Liga Europa (dulu bernama UEFA Cup), dua Copa del Rey, dan satu Supercopa Spanyol serta Piala Super Eropa.

604