Meski Usia Tak Bisa Berbohong, Hati dan Kaki Barzagli Enggan Tinggalkan Sepakbola

Selasa, 25 April 2017 10:14 WIB
Editor: Gregah Nurikhsani Estuning
 Copyright:

Bek tengah Juventus, Andrea Barzagli, mengaku belum memiliki niatan untuk pensiun dalam waktu dekat. Meski terbilang sudah uzur dan banyak pesaingnya yang lebih muda, ia merasa masih nyaman dan ingin terus berkarier di level sepakbola tertinggi.

Musim ini pemain berusia 35 tahun tersebut mulai jarang mendapatkan tempat utama. Dirinya kerap dijadikan 'ban serep' bagi dua bek utama La Vecchia Signora, Leonardo Bonucci (1 Mei nanti genap berusia 30 tahun) dan Giorgio Chiellini, yang sejatinya sama-sama duah berkepala tiga.

Formasi 4-2-3-1 arahan pelatih kepala Massimiliano Allegri memaksa Barzagli untuk memberikan posisi inti kepada dua rekannya tersebut. Maka tidak heran isu pensiun yang mengarah kepadanya belakangan ini merebak di Juventus Stadium.

Apa lagi beberapa rekannya seperti Gianluigi Buffon pernah memintanya untuk berhenti bermain. Kendati demikian, alih-alih mengiyakan saran tersebut, bek tangguh berkebangsaan Italia itu bertekad untuk terus bermain.

"Saya akan terus bermain selama masih nyaman. Jika sudah tidak nyaman lagi dan seseorang memutuskan untuk tak gunakan jasa saya lagi, saya akan legawa," kata Barzagli kepada Premium Sport.

© Valerio Pennicino/Getty Images
Pemain belakang Juventus, Leonardo Bonucci melakukan selebrasi. Copyright: Valerio Pennicino/Getty ImagesAllegri lebih memercayakan posisi bek tengah kepada Leonardo Bonucci yang dipasangkan dengan Giorgio Chiellini.

"Buffon selalu meminta saya untuk berhenti, tapi tidak akan!" lanjutnya lagi dengan nada bercanda.

Keputusan Allegri untuk melepas pakem tiga bek disebut-sebut menjadi penyebab dirinya jarang dimainkan. Namun racikan baru eks pelatih AC Milan itu terbukti mampu menjadikan Juve sebagai salah satu tim tangguh.

Terakhir, sebelum menang telak atas Genoa 4-0 di lanjutan Serie A Italia, Si Nyonya Tua berhasil dibawanya melaju ke semifinal Liga Champions setelah menumbangkan Barcelona. Paulo Dybala cs bakal menghadapi AS Monaco yang mengandaskan Borussia Dortmund di laga lainnya.

417