Didier Zokora Bermasalah di Latihan Perdana Semen Padang

Rabu, 26 April 2017 07:29 WIB
Kontributor: Taufik Hidayat | Editor: Gregah Nurikhsani Estuning
© ISSOUF SANOGO/AFP/Getty Images
Selebrasi Didier Drogba dan Didier Zokora. Copyright: © ISSOUF SANOGO/AFP/Getty Images
Selebrasi Didier Drogba dan Didier Zokora.

Zokora sendiri menjalani latihan perdananya bersama Kabau Sirah di Stadion H Agus Salim, Padang, Selasa (25/04/17). Mantan pemain Timnas Pantai Gading itu terlihat mencoba membaur dan mengobrol dengan bek andalan Kabau Sirah, Casio Fransisco de Jesus dan juga bercanda dengan Adi Nugroho.

Pada sesi latihan, Zokora mengikuti setiap materi latihan yang disiapkan tim pelatih yang dikomandoi Nilmaizar. Proses latihan dimulai dengan pemanasan, dilanjutkan latihan teknis, seperti umpan-umpan satu dua sentuhan dan diakhiri dengan sesi game internal.

Namun pada sesi terakhir ini, Zokora hanya bermain selama 10 menit saja. Setelah itu, pemain yang mendapatkan nomor punggung 15 tersebut hanya duduk dan menyaksikan sesi game internal dari pinggir lapangan.

© Taufik Hidayat/INDOSPORT
Caption Copyright: Taufik Hidayat/INDOSPORTZokora saat diperkenalkan oleh Semen Padang.

Menanggapi latihan perdana pemain bintangnya tersebut, Pelatih Kepala Semen Padang Nilmaizar menyebut adaptasi Zokora dengan semua penggawa Kabau Sirah berjalan cukup bagus. Sedangkan dari segi teknis, seperti skill dan mental, Nil mengaku tidak meragukan pemainnya tersebut, hanya kondisi fisik Didier Zokora saja yang masih akan dipastikan olehnya dan tim pelatih.

"Sampai saat ini kondisi Zokora masih 60-70 persen dan saya berharap dia bisa tampil maksimal. Lagipula ini baru latihan perdananya," kata Nil beberapa saat setelah sesi latihan.

Pelatih yang pernah menukangi Timnas Indonesia pada Piala AFF 2012 itu mengaku akan terus memantau perkembangan Zokora dalam beberapa latihan berikutnya. Kalau memang kondisinya fit, Zokora berpeluang menjalani debut bersama Semen Padang  saat menjamu Persipura Jayapura di Stadion H Agus Salim, Padang, di pekan ke-3 Liga 1 2017, Jumat (28/4).

"Kami yakin Zokora tidak membutuhkan waktu yang lama untuk adaptasi. Karena dia merupakan pemain jadi, soal fisik kalau fit kami mainkan," ujar pelatih yang pertama kali menjabat sebagai Pelatih Kepala Semen Padang pada 2009 itu.

724