Liga 1 Indonesia

VIDEO: Profil Singkat 'Si Kutu Loncat' Tiljani Belaid

Rabu, 26 April 2017 21:39 WIB
Penulis: Muhammad Adiyaksa | Editor: Ahmad Priobudiyono
 Copyright:

Sriwijaya FC tak mau ketinggalan dengan kontestan Gojek Traveloka Liga 1 lainnya perihal mendatangkan marquee player. Pada akhirnya, teka-teki soal marquee player Laskar Wong Kito akhirnya terkuak.

Sejak lama, pihak manajemen Sriwijaya FC terus menyatakan kesiapan mereka untuk merekrut marquee player. Hal tersebut akhirnya dibuktikan dengan munculnya nama pemain jebolan Serie A Italia.

Pemain tersebut bernama Tijani Belaid. Pesepakbola asal Tunisia itu merupakan produk jebolan akademi Inter Milan.

Memulai karier di Paris FC pada 2004 lalu, Belaid pindah ke tim junior Nerazzuri di tahun yang sama. Empat musim waktu yang dihabiskan Belaid bersama La Beneamata.

Dalam kurun waktu tersebut, dua kali Belaid dipinjamkan ke tim lain. Rinciannya ialah PSV Eindhoven pada Januari hingga Juni 2007 dan Slavia Praha sejak Juni 2007 hingga Juli 2008.

Setelah itu, Slavia mempermanenkan status Belaid sebelum dijual ke Hull City pada 2011. Semusim membela The Tigers, Belaid kemudian menyerbang ke Liga Siprus untuk membela APOEL Nicosia.

Kariernya di APOEL hanya seumur jagung. Pada 2012, berturut-turut ia pindah menuju Union Berlin (Jerman-2012), Moreirense (Portugal-2013), Lokomotiv Plovdic (Bulgaria-2013), Club Africain (Tunisia-2014), Club Sportif Sfaxien (Tunisia-2016), dan PAE Veria (Yunani-2017).

Berdasarkan situs penyedia data statistik sepakbola, Transfermarkt, pesepakbola 29 tahun tersebut bergabung dengan klub terakhirnya, PAE pada Januari 2017 lalu. Itu berarti, karier Belaid hanya berlangsung tiga bulan di klub Yunani tersebut sebelum bergabung dengan Laskar Wong Kito.

Sebanyak 12 klub telah dibela pemain kelahiran Paris itu sejak 2004 lalu. Sampai dengan tahun ke-13 karier sepakbola-nya, Belaid sudah tampil pada 202 pertandingan.

Torehan Belaid sebagai pemain yang ahli memainkan peran sebagai gelandang serang tidak terlalu menonjol. Dirinya hanya berhasil menorehkan 29 gol serta 28 assists. Fakta yang paling menarik dari dirinya adalah Belaid tak pernah lama bermain dalam suatu klub. Oleh karena itu, dirinya pantas disebut ‘Si Kutu Loncat’ dari Tunisia.

Berikut Profil Singkat Tiljani Belaid

Nama Lengkap: Tiljani Belaid

Tempat Tanggal Lahir: Paris, 6 September 1987

Kewarganegaraan: Tunisia & Prancis

Posisi: Gelandang Serang

Kaki: Kanan

Nilai Kontrak berdasarkan situs Transfermarkt: 400 ribu Euro (Rp5,7 miliar)

588