Presiden FIFA: VAR Akan Digunakan di Piala Dunia 2018

Kamis, 27 April 2017 19:13 WIB
Editor: Rendy Gusti
© Mikhail Pochuyev\TASS via Getty Images
Logo Piala Dunia 2018 Rusia. Copyright: © Mikhail Pochuyev\TASS via Getty Images
Logo Piala Dunia 2018 Rusia.

Presiden FIFA, Gianni Infantino telah mengonfirmasi bahwa pada pertandingan Piala Dunia 2018 Rusia mendatang akan mengadopsi teknologi VAR. Hal tersebut diperuntukkan agar para wasit dapat terbantu dalam mengambil keputusan di lapangan.

"Kami akan menggunakan VAR (di Piala Dunia 2018), karena sejauh ini kami mendapatkan respons positif dari penggunaan teknologi tersebut," ujar Infantino dikutip dari Football Italia.

© Jean Catuffe/Getty Images
Wasit dalam laga Spanyol kontra Prancis, Felix Zwayer, terlihat berbicara dan meminta bantuan VAR sebelum mengambil keputusan. Copyright: Jean Catuffe/Getty ImagesWasit dalam laga Spanyol kontra Prancis, Felix Zwayer, terlihat berbicara dan meminta bantuan VAR sebelum mengambil keputusan.

Sebelumnya, VAR sudah digunakan beberapa kali dalam pertandingan, dan Serie A Italia akan mengadopsi penggunaan teknologi tersebut di musim 2017/18 mendatang. Penggunaan VAR di laga internasional sudah pernah terjadi ketika Spanyol mengalahkan Prancis dalam pertandingan persahabatan bulan Maret lalu.

Liga Australia, A-League menjadi liga pertama yang menggunakan teknologi VAR dalam laga kompetitif mereka di bulan April ini.