Resmi! Gerrard Akan Latih Liverpool U-18

Jumat, 28 April 2017 02:44 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Liverpool Echo
Steven Gerrard menjadi pelatih Liverpool U-18. Copyright: © Liverpool Echo
Steven Gerrard menjadi pelatih Liverpool U-18.

Steven Gerrard akan segera menjalani peran barunya usai resmi diumumkan menjadi pelatih Liverpool U-18. Ia diberikan jabatan baru ini sebagai hasil keputusan antara Jurgen Klopp dan Direktur Akademi Liverpool, Alex Inglethorpe untuk memberikan kesempatan bagi Gerrard untuk berkembang sebagai seorang pelatih.

Setelah mengumumkan pensiun pada November tahun lalu dari The Reds, pria 36 tahun ini sudah wara-wiri di akademi Liverpool di Kirkby sejak Februari tahun ini. Di sana, ia mengawali karier kepelatihannya dari berbagai posisi. 

"Saya sudah membayangi lima atau enam pelatih di akademi dan sudah dimentori oleh Steve Heighway dan Inglethorpe juga. Saya tak bisa meminta lebih dari staf di akademi, mereka sudah sangat brilian," tutur Gerrard, dikutip dari Daily Mail.

© Andrew Powell/GettyImages
Steven Gerrard Copyright: Andrew Powell/GettyImagesSteven Gerrard di Akademi Liverpool pada Februari lalu.

Gerrard mengaku bahwa ia belajar banyak dari Klopp. Pelatih The Reds itu juga menilai Gerrard memiliki segala aspek untuk bisa menjadi pelatih yang luar biasa.

"Saya sudah berbicara dengan Jurgen dan kami sepakat bahwa U-18 adalah usia yang tepat. Usia ini masih mendapat sorotan yang cukup, tetapi Anda masih punya tempat untuk membuat banyak kesalahan, lalu berkembang dan belajar," bebernya.

"Jurgen bilang ke saya, 'Saat Anda bergabung, saya mau Anda belajar dari saya selama beberapa bulan untuk mengumpulkan semua informasi, menyaksikan bagaimana cara kerjanya'. Saya tak tahu, tapi sampai Anda melihatnya dari luar lapangan, ia berada di belakang segala keputusan," lanjut Gerrard.

Kapten terlama Liverpool itu akan mulai melakoni peran barunya pada musim panas mendatang, dibantu oleh asisten pelatih, Tommy Culshaw dan Jordan Milsom. Gerrard sendiri akan menerima lisensi pelatih UEFA A pada akhir musim ini.

385