Berikut 7 Klub Besar Eropa dengan Utang Melimpah

Senin, 1 Mei 2017 12:56 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© sportskeeda
Ilustrasi Sepakbola dan Uang. Copyright: © sportskeeda
Ilustrasi Sepakbola dan Uang.

Dalam dunia sepakbola, terutama sepakbola di benua Eropa, uang sangatlah berpengaruh akan kesuksesan sebuah klub tersebut. Pasalnya, dengan uang sebuah klub dapat membeli pemain-pemain berkualitas yang tentunya memiliki harga tinggi.

Beberapa pemain berkualitas tersebut nantinya akan berguna untuk klub dalam mengarungi kompetisi, baik liga domestik maupun kejuaraan Eropa. Selain untuk menggunakan jasanya di atas lapangan, pemain-pemain tersebut tentunya memiliki nilai jual secara ekonomi di bidang penjualan, seperti jersey.

Uang dalam sepakbola Eropa juga tidak hanya berlaku untuk membeli pemain, namun juga berlaku untuk melakukan perawatan stadion, gaji para pemain dan ofisial, pengeluaran dalam melebarkan sayap klub beberapa benua lainnya, dan masih banyak lainnya.

Namun, uang juga membuat beberapa klub memiliki utang yang melimpah. Hal itu terjadi karena dana yang mereka miliki tidak sebanding dengan jumlah pengeluaran untuk melakukan beberapa hal yang telah disebutkan di atas sebelumnya.

Terakhir, tepatnya pada 13 Januari 2017 WIB, Asosiasi Sepakbola Uni Eropa (UEFA) telah merilis laporan lisensi klub pada periode 2015 hingga akhir 2016. Dari hasil tersebut, Manchester United keluar sebagai klub dengan jumlah utang yang paling banyak dibandingkan dengan klub Eropa lainnya.

Beruntung, Setan Merah dapat dikategorikan ‘aman’ karena pendapatan mereka tidak jauh lebih banyak dari total utang yang mereka miliki. Berapakah jumlah utang dan pendapatan Man United? Berikut INDOSPORT rangkum beberapa klub besar Eropa yang memiliki utang melimpah, serta keuntungan yang mereka dapatkan hingga akhir 2016 lalu.

1.5K