Ini Alasan Liga Europa Digelar Rabu Malam

Kamis, 4 Mei 2017 01:38 WIB
Editor: Gregah Nurikhsani Estuning
© Squawka/Gettyimages
Veteran dan cucu-cucu prajurit maupun korban perang menghadiri Upacara Peringatan Perang Dunia II. Copyright: © Squawka/Gettyimages
Veteran dan cucu-cucu prajurit maupun korban perang menghadiri Upacara Peringatan Perang Dunia II.

Ajax Amsterdam menjamu Olympique Lyon di Amsterdam ArenA pada leg pertama semifinal Liga Europa musim 2016/17. Pertandingan ini sedianya dipertandingkan tanggal 4 Mei waktu setempat, namun ada hal yang membuat jadwalnya dipercepat.

Pertandingan semifinal lainnya, yakni Celta Vigo melawan Manchester United, tetap dilangsungkan sesuai jadwal. Sebab, pada tanggal 5 Mei di Spanyol tidak ada hari peringatan spesial.

Di Belanda, negara di mana Ajax berlokasi, pada tanggal 4 Mei merupakan hari yang bersejarah. Di tanggal tersebut, ada perayaan yang dikenal dengan nama Dodenherdenking, atau Hari Peringatan Korban Perang Dunia II.

Dodenherdenking diperingati di Belanda untuk mengormati korban Perang Dunia II yang berjatuhan dari berbagai negara. Tanggal 4 Mei juga merupakan satu hari sebelum Liberation Day, yakni hari di mana Nazi mengakhiri 'penjajahannya' tahun 1945 silam di sejumlah negara Eropa.

© Squawka/Gettyimages
Perwakilan Ajax dan Lyon berpose di depan trofi Liga Europa. Copyright: Squawka/GettyimagesPerwakilan Ajax dan Lyon berpose di depan trofi Liga Europa.

Mengingat pentingnya perayaan tersebut, UEFA akhirnya memindahkan jadwal satu hari lebih cepat. Kedua kesebelasan juga sudah menyetujuinya dan merasa sepakbola memang seharusnya menruh tempat kepada kemanusiaan.

342