Viking Persib Club dan Dukungan Lain untuk Maung Bandung

Senin, 8 Mei 2017 12:08 WIB
Editor: Gema Trisna Yudha
© Grafis: Eli Suhaeli/Gema Trisna Yudha/INDOSPORT
UMKM Persib Bobotoh. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/Gema Trisna Yudha/INDOSPORT
UMKM Persib Bobotoh.

Di masa awal kelahirannya, Viking Persib Club (VPC) hanyalah bagian kecil dari Bobotoh atau suporter Persib Bandung. Namun berbagai aksinya kerap menarik perhatian. 

Di dalam lapangan, nyanyian dan yel-yel yang mereka teriakan selalu ingar. Sementara aksi mereka di luar lapangan, bahkan mampu menurunkan pelatih tim.

Hal ini membuat Viking menjelma sebagai kelompok terbesar dalam Bobotoh Persib. Bahkan tak sedikit yang menganggap Viking sebagai keseluruhan pendukung Persib. Padahal selain Viking, masih ada kelompok-kelompok lain macam Bomber (Bobotoh Maung Bandung Bersatu), Balad Persib, atau Jurig Persib.

Selain jumlah anggotanya, Viking juga dikenal sebagai kelompok suporter yang kreatif. Tak cuma memberi dukungan saat tim kesayangannya berlaga di lapangan, sejumlah anggota Viking cukup jeli menangkap peluang usaha.

Hasilnya, selain memberikan hasil tersendiri bagi para pemodal, komunitas Viking pun tumbuh semakin besar, yang berdampak pula pada semakin besarnya dukungan terhadap Persib.

Usaha-usaha kreatif yang dilakukan Viking, tak cuma menjadi penyalur dukungan para Bobotoh di VPC saat berada di lapangan, tapi juga membuatnya semakin semarak dengan dukungan di luar lapangan.

Dalam tulisan ini, INDOSPORT akan mengulas sejumlah usaha yang dilakukan para suporter Persib di Viking, dalam menyemarakkan dukungan mereka pada Maung Bandung.

302