Tingkatkan Vo2Max, Evan Dimas Pinta Porsi Latihan Ditambah

Senin, 8 Mei 2017 14:15 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Tengku Sufiyanto
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Febri Hariyadi (tengah) berhasil melewati hadangan Evan Dimas. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Febri Hariyadi (tengah) berhasil melewati hadangan Evan Dimas.

Gelandang serang Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-22, Evan Dimas, merasa membutuhkan porsi latihan lebih untuk meningkatkan nilai Vo2Max-nya. Vo2Max adalah volume maksimal O2 yang diproses oleh tubuh manusia pada saat melakukan kegiatan yang intensif.

Evan Dimas menilai dirinya tengah dalam kondisi kurang prima. Ia menilai kemampuan dirinya menurun. Padahal saat di Timnas U-19, pemain Bhayangkara FC itu memiliki nilai Vo2Max tertinggi dengan nilai 64.

"Seperti pada minggu sebelumnya, Evan Dimas minta kepada coach Luis Milla untuk tambah porsi latihan. Di Timnas U-19, dia punya VO2Max yang cukup tinggi sehingga mau tambah porsi latihan untuk kebutuhan dia," ucap asisten pelatih Timnas U-22, Bima Sakti.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Gian Zola (kiri) dijaga ketat oleh Evan Dimas Darmono. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTGian Zola (kiri) dijaga ketat oleh Evan Dimas Darmono dalam latihan Timnas Indonesia U-22.

Untuk mewujudkan hal itu, Bima mengaku akan berkonsultasi dengan pelatih fisik Miguel Gandia. Sebab, ia tidak ingin Evan Dimas nantinya malah cedera.

"Bisa saja ditambah pada latihan sore atau juga pada pelatnas selanjutnya. Itu tinggal konsultasi," tutup Bima.