Capello Sindir David Luiz Tak Paham Jadi Bek

Selasa, 9 Mei 2017 13:04 WIB
Editor: Gregah Nurikhsani Estuning
© VANDERLEI ALMEIDA/AFP/Getty Images
Bek Chelsea berkebangsaan Brasil, David Luiz. Copyright: © VANDERLEI ALMEIDA/AFP/Getty Images
Bek Chelsea berkebangsaan Brasil, David Luiz.

Fabio Capello, pelatih bertangan dingin yang telah malang melintang di dunia sepakbola membuat pernyataan mengejutkan tentang David Luiz. Pria asal Brasil itu menyebut jika bek Chelsea tersebut tak bisa menjadi bek karena marking yang buruk.

Berbicara sebagai tamu kehormatan PSSI-nya Brasil (CBF), Capello hadir memberikan pidato dan sedikit seminar kilat mengenai ilmu melatih. Menariknya, ia mengambil Luiz sebagai contoh di depan banyak orang Brasil.

© Michael Regan/Getty Images
Mantan pelatih Tim Nasional Inggris, Fabio Capello. Copyright: Michael Regan/Getty ImagesMantan pelatih Tim Nasional Inggris, Fabio Capello.

Mantan pelatih Tim Nasional Inggris itu mencoba untuk menjelaskan evolusi bek tengah dan kecenderungan klub-klub saat ini (kembali) ke pakem tiga bek, sama seperti yang dilakukan Antonio Conte di Chelsea musim ini.

"Chelsea sebelumnya menempatkan formasi empat bek dengan Gary Cahill dan David Luiz di tengah. Tapi Luiz tidak paham bertahan, caranya melakukan marking. Makanya Chelsea kemudian merubahnya menjadi tiga bek. Di sini, Luiz bermain lebih baik karena ditemani dua bek tengah lainnya," kata Capello seperti dilansir dari ESPN.

Tak hanya itu saja, Capello juga 'menegur' keras Pep Guardiola. Eks arsitek AC Milan itu mempertanyakan apakah Pep mengerti yang harus dilakukannya sebagai pelatih.

"Pelatih itu (Pep Guardiola) harus paham apa yang sedang ia kerjakan. Lihat saja, tertinggal 16 poin dari pemuncak klasemen (Chelsea)," tambahnya.

Capello merupakan salah satu tim tersukses di Eropa. Ia pernah meraih kesuksesan bersama AC Milan, namun gagal total saat menukangi Tim Nasional Inggris.

872