Resmi, Duet Advocaat-Gullit Latih Timnas Belanda

Selasa, 9 Mei 2017 19:53 WIB
Editor: Hendra Mujiraharja
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT/Getty Images
Dick Advocaat (kiri) dan Ruud Gullit. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT/Getty Images
Dick Advocaat (kiri) dan Ruud Gullit.

Federasi Sepakbola Belanda (KVNB) telah memutuskan untuk menunjuk duet Dick Advocaat dan Ruud Gullit sebagai arsitek Tim Nasional (Timnas) Belanda. Keduanya, mendapatkan tugas berat untuk membawa Timnas Belanda lolos ke Piala Dunia 2018.

Dalam sebuah jumpa pers yang berlangsung di Zeist, Advocaat ditunjuk untuk menggantikan Danny Blind. Blind dipecat karena gagal membawa The Flying Dutchmen lolos ke Euro 2016 dan buruknya performa tim selama babak kualifikasi Piala Dunia 2018.

© GETTY IMAGES
Caption Copyright: GETTY IMAGESDick Advocaat resmi menjadi pelatih Timnas Belanda.

“Ada dua skenario. Pertama, kami memilih opsi kontrak jangka waktu panjang atau melakukan segala cara agar bisa lolos ke Piala Dunia 2018. Jadi, kami memilih opsi kedua,” kata Direktur Teknik Federasi Sepakbola Belanda, Hans van Breukelen.

Sayang, Advocaat tidak bisa langsung melatih The Flying Dutchmen hingga arsitek yang akan berusia 70 tahun tersebut meninggalkan klub yang dilatihnya, Fenerbahce.

“Sayang, Dick Advocaat tidak bisa langsung melatih Timnas Belanda. Tapi, begitu ya adanya,” lanjut Van Breukelen, sebagaimana diberitakan The Guardian.

© GETTY IMAGES
Caption Copyright: GETTY IMAGESMantan bintang Timnas Belanda, Ruud Gullit.

Untuk itu, Fred Grim sementara masih melatih Arjen Robben dkk. Demi mempermudah tugas Advocaat, maka KVNB juga menunjuk Gullit sebagai assistennya.

Praktis, Advocaat menjadi arsitek tertua yang pernah melatih Timnas Belanda. Dia memecahkan rekor Guus Hiddink yang berusia 68 tahun ketika melatih The Flying Dutchmen.

217