Kisruh Transfer Pogba Turut Menyeret Firmino

Kamis, 11 Mei 2017 20:52 WIB
Editor: Gregah Nurikhsani Estuning
© James Baylis - AMA/Getty Images
Pogba dan Firmino. Copyright: © James Baylis - AMA/Getty Images
Pogba dan Firmino.

Kisruh transfer yang tengah dihadapi Paul Pogba dan agennya, Mino Raiola membuat Roberto Firmino ikut-ikutan diselidiki. FIFA mencium adanya ketidakberesan yang juga menimpa gelandang Liverpool tersebut ketika ditransfer dari Hoffenheim.

Dalam satu pekan terakhir ini, FIFA sedang melakukan penyidikan soal transfer Pogba dari Juventus ke Manchester United. Kabarnya, dari 89 juta pounds yang dibayarkan The Red Devils, Raiola menerima sekitar 41 juta pounds.

Dari dana tak jelas tersebut, sekitar 23 juta pounds diterimanya dari Juventus. Sedangkan 18 juta pounds sisanya dibayarkan oleh manajemen Man United, dan FIFA melihat hal ini sebagai masalah karena tak ada dalam dokumen transfer antara pihak-pihak terkait.

© Matthew Ashton - AMA / Contributor / Getty Images
Caption Copyright: Matthew Ashton - AMA / Contributor / Getty ImagesGelandang Man United, Paul Pogba.

Laporan itu dibocorkan oleh Football Leaks, AFP, dan beberapa media ternama lainnya. Setelah Pogba 'kena semprot', giliran Firmino yang 'diperkarakan'.

Gelandang berusia 25 tahun tersebut hijrah ke Anfield dari Hoffenheim tahun 2015 silam dengan dana transfer mencapai 29 juta pounds. Tapi berdasarkan Football Leaks: The Dirty Business of Football, Hoffenheim hanya menerima 5,8 juta pounds saja, dan sisanya mampir ke saku pemilik klub, Dietmar Hopp melalui perusahaannya, Transfair.

Firmino menerima gaji sbeesar 68.085 pounds per pekan, tapi sejak direkrut The Reds, ia telah menerima 1,1 juta pounds dari bonus. Salah satunya yakni 85 ribu pounds tiap kali mencetak gol ke gawang lawan.

Selain itu, enam assists-nya musim ini membuatnya lebih kaya 190 ribu pounds. Belum lagi dengan tambahan bonus-bonus lain seperti main selama 90 menit, bermain dari bangku cadangan, tidak dimainkan, dan lain-lain.

Kendati begitu, FIFA sepertinya tak akan menuntut Firmino, Liverpool, Hoffenheim dan pihak-pihak terkait lainnya. Sebab, klausul demikian memang lumrah terjadi di dunia sepakbola.

Hanya saja, akan jadi masalah jika tidak dilaporkan dalam arsip atau dokumen transfer. Karena membuat pemain sepakbola tidak mendapatkan pajak sebagaimana diatur oleh lembaga perpajakan di Inggris.

1.3K