Cardiff Met FC, Tekad Anak Kampus Tembus Liga Europa

Jumat, 12 Mei 2017 17:06 WIB
Editor: Gregah Nurikhsani Estuning
© pitchero.com
Cardiff Metropolitan University. Copyright: © pitchero.com
Cardiff Metropolitan University.

Klub sepakbola dari Wales, Cardiff Metropolitan University, tengah berjuang menembus babak grup Liga Europa musim depan. Berbeda dari klub profesional kebanyakan, tim yang biasa disingkat Cardiff Met FC itu diisi oleh skuat yang beranggotakan anak-anak kuliahan.

Cardiff Met FC bermain di Liga Primer Wales, sebuah kompetisi profesional di Wales yang terbentuk tahun 1992. Tidak banyak klub tenar yang berasal dari liga ini, namun The New Saints (TNS) merupakan Manchester United-nya Liga Primer Wales karena berhasil menjadi raja dengan koleksi 11 gelar juara.

Kendati begitu, TNS harus mulai mewaspadai keberadaan Cardiff Metropolitan University. Sebagai tim yang baru promosi dari Divisi Satu Liga Wales, Cardiff Met FC langsung menyita perhatian dengan duduk di peringkat ke-6 klasemen akhir musim ini, sebuah prestasi yang cukup membanggakan mengingat skuat ini terdiri dari pemain yang masih duduk di bangku kuliah.

© twitter.com/WPL_Official
Cardiff Metropolitan University. Copyright: twitter.com/WPL_OfficialCardiff Metropolitan University.

Sebenarnya, Cardiff Met FC bukan klub pertama yang bermaterikan anak-anak kuliah. Di Inggris, ada Team Bath yang tampil mengejutkan dengan lolos ke babak pertama (first round) Piala FA tahun 2002.

Selain Bath, ada Universitas Oxford yang lebih dulu mencuri perhatian pada tahun 1880. Sayang, karena tak bersedia menggugurkan statusnya sebagai kesebelasan universitas, mereka lebih memilih untuk mundur dari kompetisi Inggris pada tahun 2009.

Tidak ingin sekadar berkompetisi di level domestik saja, Cardiff Metropolitan University berkesempatan untuk menembus Liga Europa musim depan. Berikut ini INDOSPORT menceritakan tentang klub universitas yang berambisi mencetak sejarah dengan lolos ke Liga Europa untuk pertama kali.

1.3K