Liga 1 Indonesia

Diselamatkan Penalti, Arema FC Tepis Krisis di Lini Depan

Senin, 15 Mei 2017 02:05 WIB
Kontributor: Ian Setiawan | Editor: Rizky Pratama Putra
© Ian Setiawan/Indosport
Adam Alis dianggap sudah berusaha maksimal melawan Madura United. Copyright: © Ian Setiawan/Indosport
Adam Alis dianggap sudah berusaha maksimal melawan Madura United.

Arema FC melanjutkan tren negatif di pekan keenam kompetisi Gojek Traveloka Liga 1 musim ini. Pasca dikalahkan PSM Makassar, tim asuhan Aji Santoso belum mampu keluar dari tekanan melalui hasil imbang 1-1 kontra Madura United.

Bahkan, nasib tim berlogo kepala singa masih mujur, lantaran terselamatkan oleh gol penalti yang dibukukan Cristian Gonzales di menit ke-71. Hadiah penalti diberikan wasit, Asep Yandis dari Karawang, lantaran ada pelanggaran terhadap Arthur Cunha yang dilakukan Peter Odemwingie.

Sebelum gol balasan El Loco, Arema FC terlihat buntu dalam penyelesaian akhir sejak awal babak kedua. Tepatnya di menit ke-53, Madura United mampu unggul lewat gol heading Dane Milovanovic.

"Memang secara hasil tidak sesuai harapan. Tapi saya apresiasi perjuangan pemain yang tidak mau kalah sepanjang pertandingan," papar Pelatih Arema FC, Aji Santoso saat konferensi pers.

© Ian Setiawan/Indosport
Marquee Player Arema, Juan Pablo Pino saat akselerasi melewati dua pemain MU Copyright: Ian Setiawan/IndosportMarquee Player Arema, Juan Pablo Pino saat akselerasi melewati dua pemain MU

Seiring hal itu, Aji menjelaskan jika tidak ada masalah mendasar di lini depan. Pasalnya, berbagai peluang gagal diselesaikan menjadi gol sehingga tidak merubah skor hingga menutup laga dengan hasil satu poin.

"Sepakbola ya memang begitu. Terkadang striker main bagus dan cetak gol, tapi juga kadang gagal cetak gol," jelasnya.

"Di akhir babak kedua, setidaknya ada dua peluang. Dari Adam Alis dan Hendro Siswanto, namun sayang tendangan terlampau keras," eks pembesut Persela Lamongan itu menambahkan.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pelatih Arema FC, AJi Santoso. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTAji Santoso menampik bahwa skuatnya tengah mengalami krisis di lini depan.

Lebih lanjut, Aji juga menepis jika Cristian Gonzales sedang tidak dalam kondisi yang bagus dalam penampilannya. Menurutnya, El Loco sudah bermain baik dan mampu memberi kontribusi pada skema permainan tim dalam menahan laju serangan MU.

"Saya tempatkan El Loco sejak awal memang untuk menahan laju bola Madura United menuju tengah dan ke depan," bebernya.

Namun secara umum, Aji memberi kredit khusus kepada Madura United yang berhasil menampilkan permainan bagus melawan Arema.

"Motivasi mereka berlipat saat melawan Arema. Materi pemain juga bagus, bahkan mungkin harganya lebih mahal dibanding Arema," pungkas Aji.