Liga Primer Inggris

Peraturan Baru, FA Bakal Hukum Berat Pelaku Aksi Diving!

Jumat, 19 Mei 2017 00:42 WIB
Editor: Rendy Gusti
© Ilustrasi: electriceasel.co.uk
Ilustrasi diving. Copyright: © Ilustrasi: electriceasel.co.uk
Ilustrasi diving.

Asosiasi sepakbola Inggris, FA akan memperkenalkan peraturan baru terkait aksi diving pada Liga Primer Inggris musim 2017/18 mendatang. Nantinya, para pelaku aksi diving tersebut akan dihadiahi hukuman berat, yaitu larangan 2 laga pertandingan.

Nantinya, beberapa aksi diving itu akan ditinjau ulang menggunakan pihak ketiga. Mereka adalah mantan staf, mantan pemain, dan juga mantan pelatih yang akan mengulasnya melalui cuplikan video. Setiap pekannya, pihak ketiga tersebut akan melihat apakah ada aksi diving yang dilakukan para pemain di Liga Primer Inggris.

© Martin Rickett-PA Images / Contributor via Getty Images
Marcus Rashford (tengah) berhadapan dengan Lukas Fabianski. Copyright: Martin Rickett-PA Images / Contributor via Getty ImagesMarcus Rashford sempat kedapatan melakukan aksi diving kala melawan Swansea.

Apabila pemain tersebut terbukti bersalah, maka pelaku aksi diving akan langsung dijatuhi hukuman larangan bertanding selama 2 laga. Selain itu, jika salah seorang pemain tim lawan mendapatkan kartu kuning atau merah kerena aksi diving itu, maka FA bisa mencabut hukuman kartu yang diberikan kepadanya.

Rencana peraturan baru tersebut sudah dikonsultasikan kepada pihak pemegang saham selama beberapa bulan terakhir. Perubahan rencana itu juga membutuhkan persetujuan dari Liga Primer, EFL, dan juga Asosiasi Pesepakbola Profesional (PFA), dilansir dari BBC.

782