Liga Europa

Panas! Mourinho Sebut Ajax Tak Layak Ada di Final Liga Europa, Ini Alasannya

  • Pelatih Manchester United, Jose Mourinho mulai memainkan psywar jelang final Liga Europa 2016/17 melawan Ajax Amsterdam.
  • The Special One menyebut Ajax tak seharusnya bermain pada laga final Liga Europa di Stockholm.
  • Menurut pelatih asal Portugal itu, Ajax merupakan tim yang berasal dari Liga Champions dan harusnya tak bermain di kasta kedua.
Sabtu, 20 Mei 2017 01:36 WIB
Editor: Ramadhan
© Laurence Griffiths/Getty Images
Pelatih Manchester United, Jose Mourinho. Copyright: © Laurence Griffiths/Getty Images
Pelatih Manchester United, Jose Mourinho.

Bukan Jose Mourinho jika tak memancing kontroversi terhadap tim lawan. Jelang final Liga Europa musim 2016/17, Mourinho mulai melayangkan psywar kepada Ajax Amsterdam yang bakal menjadi lawannya nanti.

Mourinho menyindir Ajax yang dianggap tak layak bermain di final kasta kedua kompetisi Benua Biru tersebut. Menurut Mourinho, Liga Europa bukanlah tempat untuk Ajax, karena tim asal Belanda itu merupakan buangan dari Liga Champions karena gagal bersaing di babak-babak awal.

“Mereka adalah tim yang bermain di Liga Champions, mereka berasal dari Liga Champions,” kata Jose Mourinho seperti dilansir Goal.

“Saya selalu tidak setuju dengan hal itu, saya pikir sebuah tim harusnya tak bermain di dua kompetisi Eropa pada musim yang sama,” tegasnya.

Mourinho sendiri ternyata tidak setuju dengan sistem yang ada sekarang, yang mengharuskan tim buangan dari Liga Champions, seperti Ajax Amsterdam yang tersingkir di babak play-off, justru mendapatkan kesempatan bermain di Liga Europa.

Man United vs Celta Vigo Copyright: Twitter UEFA Europa LeagueMan United vs Celta Vigo

Padahal, Manchester United sendiri menjadi tim yang memang berjuang sejak awal di Liga Europa musim 2016/17. The Red Devils lolos ke Liga Europa karena finis di posisi kelima di Liga Primer Inggris musim lalu.

“Saya pikir jika sebuah tim bermain di Liga Champions dan tidak memenuhi syarat, maka mereka harus pulang,” lanjut mantan pelatih Real Madrid dan Inter Milan itu.

“Liga Europa adalah hanya untuk diperuntukkan bagi tim yang telah berada di dalamnya sejak awal, seperti kami. Kami finis kelima di Liga Inggris dan memang bermain di Liga Europa,” jelas pelatih berusia 54 tahun itu.

Skuat Ajax merayakan gol Dolberg (tengah) ke gawang Lopes. Copyright: VI-Images / ContributorSkuat Ajax merayakan gol Dolberg (tengah) ke gawang Lopes.

Final Liga Europa musim 2016/17 yang mempertemukan Ajax Amsterdam melawan Manchester United sendiri akan berlangsung pada Kamis (25/05/17) pekan depan pukul 01.45 WIB di Friends Arena, Stockholm, Swedia.