Bundesliga Jerman

Xabi Alonso Nikmati 5 Sensasi Perasaan di Ujung Kariernya

Minggu, 21 Mei 2017 06:11 WIB
Editor: Ramadhan
© Twitter @FCBayernEN
Xabi Alonso Copyright: © Twitter @FCBayernEN
Xabi Alonso

Xabi Alonso mengakhiri kariernya sebagai pesepakbola dengan cara yang luar biasa. Alonso berhasil membawa Bayern Munchen menang telak 4-1 atas Freiburg pada pekan terakhir Bundesliga Jerman 2016/17, sekaligus mengangkat trofi juara di Allianz Arena.

Pada laga itu, Alonso juga berhasil mengukir assist terakhirnya untuk gol cepat yang dicetak Arjen Robben ke gawang Freiburg di menit ke-4. Alonso akhirnya ditarik keluar dari lapangan dan digantikan Franck Ribery di menit ke-82.

Momen perpisahan tersebut membuat Alonso tak bisa membendung rasa haru. Pemain berusia 35 tahun itu mengakui bahwa ia akan merasa sulit untuk mengganti bagian terpenting dalam hidupnya tersebut dengan hal-hal baru.

"Saya sangat puas bisa menutup waktu saya sebagai pesepakbola. Di dalam sana ada banyak emosi. Ada saat-saat (dalam permainan) saya harus istirahat," kata Xabi Alonso pada laga terakhirnya.

Alonso mengungkapkan bahwa dirinya merasakan sensasi perasaan yang campur aduk saat harus melangkahkan kaki jauh dari dunia sepakbola yang sudah membesarkan namanya.

© Twitter @FCBayernEN
Xabi Alonso Copyright: Twitter @FCBayernENXabi Alonso

"Sensasi yang saya alami saat ini adalah perpaduan antara emosi, nostalgia, melankolis, dan sedih. Tapi pada saat bersamaan juga ada kebahagiaan, juga banyak hal dan saya tidak tahu bagaimana melewatinya," sambung mantan pemain Timnas Spanyol itu.

"Saya menerima situasi bahwa saya tak akan lagi bermain karena ini adalah bagian yang sangat penting dalam hidup saya, akan sulit untuk mengisi celah itu. Hidup terus berlanjut. Tantangan baru bagi saya, inilah saatnya untuk mencobanya," ujar pemain kelahiran 25 November 1981.

“Ini adalah perasaan yang indah, kenangan ini akan tetap ada dalam pikiran kita selamanya. Saya ingat pernah bermain dengan ayah saya, dan anak-anak saya juga akan mengingatnya,” lanjutnya.

Selama kariernya, Alonso yang pernah bermain untuk Liverpool, Real Madrid, dan Bayern Munchen itu berhasil meraih beberapa gelar bergengsi seperti dua trofi Liga Champions, empat gelar juara liga, Piala Dunia dan dua trofi Euro bersama Timnas Spanyol.

Sepanjang kariernya bersama beberapa klub itu, Alonso sudah tampil dalam 689 pertandingan dan mencetak 43 gol serta mengukir 57 assists.

365