Liga 1

Pelatih Fisik Persib Akui Sulit 'Mengatur' Essien dan Cole

Rabu, 24 Mei 2017 08:43 WIB
Editor: Gregah Nurikhsani Estuning
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Carlton Cole tengah beragumen dengan wasit. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Carlton Cole tengah beragumen dengan wasit.

Sulitnya Michael Essien dan Carlton Cole untuk meraih peak performance dibenarkan oleh pelatih fisik Persib Bandung, Yaya Sunarya. Menurutnya, banyak hal yang membuat peningkatan kebugaran kedua pemain tersebut tak bisa maksimal.

"Saya bilang, bahwa fisik ini tidak bisa secara instan. Karena mereka baru gabung, tentunya harus ada proses. Tapi kan harus step by step. Kecuali kalau dia baru main dan pindah ke klub ini," ujar Yaya seperti dikutip dari simamaung.com.

Ada beberapa faktor yang membuat dirinya kesulitan mengatur kondisi fisik Cole dan Essien. Selain karena tak ikut persiapan di pra musim, masalah usia, cedera, dan intensitas bermain menjadi tolak ukur.

"Karena ini sangat dipengaruhi pertama oleh faktor usia," sambung Yaya lagi.

"Kedua, bagaimana intensitas dia bermain di klub yang sebelumnya. Berapa menit dia main, berapa kali dia konstan. Ketiga, riwayat cedera. Itu yang bisa mempengaruhi beberapa hal,” jelasnya.

Selain perkara teknis yang disebutkan, ternyata, menurut Yaya, ada hal penting lain yang juga menjadi asupan penting, terutama kepada Cole. Dia berharap agar eks striker Chelsea dan West Ham United itu agar tetap mendapatkan dukungan penuh.

"Bisa (main 45 menit). Lawan Bali bisa Insya Allah," kata Yaya merespons keraguan banyak pihak mengenai kesanggupan Cole bermain di satu pertandingan.

"Tapi saya pikir tergantung bagaimana kita memberikan kepercayaan kepada mereka dan dapat support dari semua pemain. Saya pikir semua pemain termotivasi," tutup Yaya.

1.1K