Liga 1

Sriwijaya FC Segera Dapatkan Lisensi AFC Andai Penuhi Syarat Ini

Rabu, 24 Mei 2017 02:48 WIB
Kontributor: Muhammad Effendi | Editor: Gregah Nurikhsani Estuning
© Muhammad Effendi/INDOSPORT
Sriwijaya FC. Copyright: © Muhammad Effendi/INDOSPORT
Sriwijaya FC.

Niat Sriwijaya FC untuk mendapatkan lisensi Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) bakal segera terwujud. Setelah menunggu cukup lama, surat yang dikirimkan ke AFC akhirnya direspons.

Perwakilan AFC akan terbang menuju Palembang langsung untuk proses verifikasi hari Jumat (26/05/17). Ini merupakan bentuk pemenuhan permintaan dari PT Sriwijaya Optimis Mandiri (SOM) kepada AFC.

"Beberapa waktu lalu kita mengusulkan untuk lisensi klub. Ini sudah terealisasi, usulan syarat telah diterima. Hanya saja mereka akan melakukan cek langsung ke Palembang," ucap Sekretaris PT SOM Faisal Mursyid, Selasa (23/05/17).

Ada pun, menurut Faisal Mursyid, cek langsung yang dimaksudkan adalah meliputi verifikasi secara menyeluruh. Tidak hanya infrastruktur, seperti stadion, akses jalan dan sebagainya, melainkan juga finansial, administrasi, badan hukum, sampai pembinaan klub.

Pihak AFC yang datang hari Jumat pekan ini akan melihat langsung fasilitas dan semua indikator seperti yang dijelaskan. Jika aspek-aspek tersebut memenuhi syarat yang sudah ditentukan, maka klub berjuluk Laskar Wong Kito akan menyusul tiga tim lain yakni Arema FC, Persipura Jayapura, dan Persib Bandung yang sudah mendapatkan lisensi klub AFC.

Lisensi AFC yang tengah diperjuangkan ini dimaksudkan agar Sriwijaya FC bisa turun di kompetisi level Asia. Tahun 2015 silam, mereka sudah mendapatkan lisensi AFC, namun kini kembali mengajukan diri.

745