Ternyata Ini Penyebab Stadion Batakan Tak Lolos Verifikasi

Rabu, 24 Mei 2017 18:14 WIB
Penulis: Lanjar Wiratri | Editor: Gerry Anugrah Putra
© INDOSPORT/Teddy Rumengan.
Stadion Batakan milik Persiba Balikpapan. Copyright: © INDOSPORT/Teddy Rumengan.
Stadion Batakan milik Persiba Balikpapan.

Stadion Batakan secara resmi dinyatakan tak lolos verifikasi menjadi markas klub Persiba Balikpapan di Liga 1. Operator Liga 1, PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) mengungkapkan penyebab tak lolosnya stadion yang kerap dijuluki Stadion Emirates-nya Indonesia tersebut.

Stadion Batakan rencananya bakal digunakan Persiba Balikpapan sebagai kandang mereka di ajang Gojek Traveloka Liga 1. Namun sayang, Beruang Madu tampaknya masih harus menggunakan Stadion Gajayana di Malang sebagai markas sementara mereka.

CEO PT LIB, Risha Adi Wijaya, mengungkapkan penyebab mengapa Stadion Batakan tak kualifikasi untuk digunakan Persiba.

"Stadion Batakan itu memang ada beberapa hal yang akhirnya tidak lolos verifikasi. Pertama, tempat duduknya sepenuhnya belum terpasang karena memang mereka mau buat tempat duduk yang single seat. Kedua, aksesnya yang sangat kurang," ujar CEO PT LIB, Risha Adi Widjaya.

Kedua faktor tersebut cukup untuk PT LIB tak memloloskan Stadion Batakan menjadi markas Persiba di Liga 1. Risha menganggap jika masalah tempat duduk dan akses mudah ke Stadion yang masih belum terpenuhi dapat menggangu kenyamanan pemain maupun penonton.

"Dua hal itu yang jadi manager issue buat kita karena akses itu kan selain buat arus masuk maupun keluar tapi juga untuk keadaan darurat. Jadi akses itu sangat penting. Kalau mengenai tempat duduk memang itu salah satu unsur demi keamanan penonton dan kenyamanan penonton," tandasnya.

1.4K