Liga Europa

Gagal Juara Liga Europa, Ajax Tetap Ukir 7 Fakta Istimewa

Kamis, 25 Mei 2017 09:29 WIB
Editor: Ramadhan
© VI Images via Getty Images
Pelatih Ajax Amsterdam, Peter Bosz, tempak lesu bersama anak asuhnya. Copyright: © VI Images via Getty Images
Pelatih Ajax Amsterdam, Peter Bosz, tempak lesu bersama anak asuhnya.

Ajax Amsterdam harus mengakui ketangguhan Manchester United saat keduanya saling bentrok di laga final Liga Europa 2016/17 di Friends Arena, Stockholm, Swedia, Kamis (25/05/17) dini hari WIB. Tim asuhan Peter Bozs takluk dengan skor 0-2 dari tim asuhan Jose Mourinho.

Pada laga itu, gawang Ajax yang dikawal Andre Onana harus kebobolan lewat dua gol United yang dicetak oleh Paul Pogba (18’) dan Henrikh Mkhitaryan (48’). Kekalahan tersebut pun membuat Ajax gagal merengkuh gelar Liga Europa musim ini.

Meski gagal juara, raksasa Eredivisie Belanda itu ternyata tetap mengukir sederet fakta istimewa. Apa saja itu? Berikut INDOSPORT merangkum tujuh fakta-fakta istimewa yang tercipta usai Ajax takluk dari United di final Liga Europa 2016/17.

1. Bek Ajax Amsterdam, Matthijs de Ligt menjadi pemain termuda yang pernah tampil di laga final kompetisi besar Eropa. Saat ini Matthijs menginjak usia 17 tahun 285 hari.

© VI Images via Getty Images
Frenkie de Jong (kiri), Matthijs de Ligt, dan Nick Viergever tampak lesu usai timnya dikalahkan Man United. Copyright: VI Images via Getty ImagesFrenkie de Jong (kiri), Matthijs de Ligt, dan Nick Viergever tampak lesu usai timnya dikalahkan Man United.

2. Starting XI Ajax Amsterdam melawan Manchester United adalah 11 pemain termuda yang tampil pada laga final di kompetisi besar Eropa. Rata-rata usia para pemain Ajax saat ini adalah 22 tahun 282 hari.

3. Matthijs de Ligt memenangkan 69 persen dari 13 duelnya, persentase tertinggi dari semua pemain Ajax saat melawan Manchester United.

4. Tiga tim terakhir yang setidaknya selalu menampilkan empat pemain U-21 di laga final kompetisi besar Eropa adalah Ajax (1987), Ajax (1996), dan Ajax (2017).

© Dean Mouhtaropoulos/Getty Images
Davy Klaassen (depan) tampak lesu bersama rekannya usai dikalahkan Man United. Copyright: Dean Mouhtaropoulos/Getty ImagesDavy Klaassen (depan) tampak lesu bersama rekannya usai dikalahkan Man United.

5. Davy Klaassen memainkan laga ke-50 musim ini di semua kompetisi. Catatan itu merupakan yang paling banyak di level pemain Ajax dalam satu musim sejak 2010/11.

6. Laga final Liga Europa 2016/17 melawan Manchester United, Kamis (25/05/17) dini hari WIB, merupakan final ke-10 Ajax dalam kompetisi klub UEFA.

7. Final Liga Europa 2016/17 adalah pertandingan ke-56 Ajax musim ini. Sebuah pencapaian rekor dalam satu musim yang dicapai Ajax.

1.5K