Liga Europa

Tikung Liverpool, MU Pemilik Trofi Terbanyak di Inggris

Kamis, 25 Mei 2017 14:55 WIB
Editor: Ramadhan
© Nils Petter Nilsson/Getty Images
Momen Marouane Fellaini tengah selebrasi bersama trofi Liga Europa musim 2016/17. Copyright: © Nils Petter Nilsson/Getty Images
Momen Marouane Fellaini tengah selebrasi bersama trofi Liga Europa musim 2016/17.

Manchester United tampil sebagai penguasa Eropa sekaligus Inggris dalam waktu bersamaan. Tambahan gelar juara Liga Europa 2016/17 praktis membuat The Red Devils berhasil menyalip Liverpool sebagai tim Inggris dengan koleksi trofi terbanyak dalam sejarah.

United baru saja memastikan gelar juara Liga Europa 2016/17 setelah mengalahkan Ajax Amsterdam dengan skor 2-0 pada laga yang berlangsung di Friends Arena, Stockholm, Swedia, Kamis (25/05/17) dini hari WIB. Dua gol United dicetak oleh Paul Pogba (18’) dan Henrikh Mkhitaryan (48’).

Gelar juara Liga Europa 2016/17 ini menjadi trofi pertama United di kompetisi kasta kedua benua biru. Tambahan satu gelar tersebut membuat The Red Devils berhasil menjaga gengsi dan menyalip perolehan trofi Liverpool di tanah Inggris.

United menjadi tim Inggris tersukses dengan koleksi trofi mayor (utama) terbanyak dengan total 42 trofi. Tim yang bermarkas di Old Trafford itu unggul satu trofi dari rival mereka, Liverpool berada di posisi kedua dengan koleksi 41 trofi.

Sepanjang sejarahnya, United sukses meraih total 20 gelar Liga Primer Inggris, 12 Piala FA, 5 Piala Liga Inggris, 3 Liga Champions, 1 Liga Europa, dan 1 Piala Dunia Antarklub.

© Nils Petter Nilsson/Getty Images
Aksi selebrasi tim Manchester United usai memenangkan pertandingan sebagai juara Liag Europa musim 2016/17. Copyright: Nils Petter Nilsson/Getty ImagesAksi selebrasi tim Manchester United usai memenangkan pertandingan sebagai juara Liag Europa musim 2016/17.

Sedangkan Liverpool sudah merengkuh 18 gelar Liga Primer Inggris, 7 Piala FA, 8 Piala Liga Inggris, 5 Liga Champions, dan 3 Piala UEFA.

Sementara Arsenal menempati urutan ketiga dengan catatan 29 poin, Chelsea di tempat keempat dengan 21 trofi. Menariknya, ada Aston Villa di posisi kelima yang mengoleksi 20 trofi.

Tak hanya itu, United juga berhasil menjadi klub kelimat yang sanggup menyapu bersih semua trofi di kompetisi Eropa. Gelar-gelar yang sukses diraih United masing-masing di level Liga Champions, Liga Europa/Piala UEFA, dan Piala Winners. Sebelum United, ada Ajax, Bayern Munich, Juventus, dan Chelsea yang berhasil meraihnya.

Tambahan satu trofi Liga Europa 2016/17 membuat United sudah berhasil meraih total tiga trofi di musim ini. Sebelumnya Jose Mourinho berhasil membawa Wayne Rooney dan kawan-kawan meraih gelar juara Community Shield dan Piala Liga Inggris.

5K