Indra Sjafri: Jangan Sampai seperti Timnas U-19 Sebelumnya

Jumat, 26 Mei 2017 20:39 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Rizky Pratama Putra
© Petrus Manus DaYerimon/Indosport
Timnas Indonesia U-19 siap berangkat menuju Prancis jelang Toulon Cup 2017. Copyright: © Petrus Manus DaYerimon/Indosport
Timnas Indonesia U-19 siap berangkat menuju Prancis jelang Toulon Cup 2017.

Pelatih Tim Nasional (Timnas) U-19 Indonesia, Indra Sjafri menegaskan pentingnya keikutsertaan Skuat Garuda Muda di Toulon Cup 2017 pada 29 Mei hingga 10 Juni mendatang. Hasil di ajang tersebut, nantinya menjadi evaluasi.

"Ini (ajang Toulon Cup) akan jadi bahan evaluasi kualitas kita sampai di mana. Jangan sampai seperti Timnas U-19 tahun lalu yang menang semua uji coba di sini (Indonesia) tapi begitu keluar, kita tidak bisa berbuat banyak," ujar Indra Sjafri.

"Lebih baik sekarang berdarah-berdarah supaya besok lusa kita bisa lebih eksis," sambungnya.

Indra Sjafri juga mengibaratkan pengalaman di Toulon Cup nantinya seperti ujian akhir berbasis komputer. Artinya tingkat kesulitannya akan lebih tinggi, sehingga otomatis hal tersebut membuat pemain bekerja lebih keras untuk mengeluarkan kemampuan terbaik.

"Tapi yang jelas mereka (pemain) termotivasi dengan lawan yang ada. Mereka juga berangkat dengan percaya diri karena mereka bisa mengimbangi tim besar di liga elite di uji coba terakhir. Dengan ikut ajang ini, manfaatnya pasti lebih terasa di Piala AFF dan AFC U-19 nanti," tutup mantan pelatih Bali United tersebut. 

Pada Toulon Cup 2017, Indonesia tergabung di grup C bersama Brasil, Ceko, dan Skotlandia. Di laga perdana pada 31 Mei nanti, Timnas U-19 akan melawan Brasil U-20 di Stadion d'Honneur Marcel Roustan.