5 Klub Juara Liga Elite Eropa: Selamat Tinggal Musim 2016/17!

Minggu, 28 Mei 2017 09:08 WIB
Editor: Yohanes Ishak
© INDOSPORT/Getty Images
Chelsea, Juventus, Real Madrid, AS Monaco, dan Ajax Amsterdam. Copyright: © INDOSPORT/Getty Images
Chelsea, Juventus, Real Madrid, AS Monaco, dan Ajax Amsterdam.

Dari Liga Primer Inggris, kompetisi yang disebut-sebut sebagai kompetisi sepakbola terbaik di dunia ini mengeluarkan Chelsea sebagai juaranya.

Menariknya, klub asal London Barat ini sebenarnya tidaklah diunggulkan untuk dapat menjadi juara. Mengapa? Hal itu dikarenakan, pada musim 2015/16 lalu mereka mengalami musim yang buruk.

Sehingga dapat dikatakan, pada musim 2016/17 ini mereka akan mengawali perjuangan yang berat, terlebih kapasitas dari pelatih anyar mereka, Antonio Conte juga sempat diragukan dapat membangkitkan The Blues.

© Clive Rose/Getty Images
Chelsea saat mengangkat trofi Liga Primer Inggris 2016/17. Copyright: Clive Rose/Getty ImagesChelsea saat mengangkat trofi Liga Primer Inggris 2016/17.

Sementara klub yang lebih diunggulkan untuk menjadi juara Liga Primer Inggris adalah dua klub asal Manchester, yakni Man United dan Man City.

Hal itu dikarenakan kedua klub ini memiliki pelatih yang lekat dengan gelar juara, yakni Jose Mourinho di United dan Pep Guardiola di City. Tidak hanya itu, keduanya juga merupakan klub yang paling aktif di bursa transfer dalam mendatangkan pemain bintang dibandingkan klub lainnya.

Dari Serie A Italia dan juga Bundesliga Jerman, dua kompetisi ini memang masih didominasi oleh juara bertahannya masing-masing, yakni Juventus di Serie A dan Bayern Munchen di Bundesliga.

© Valerio Pennicino/Getty Images
Juventus, juara Serie A Italia 2016/17. Copyright: Valerio Pennicino/Getty ImagesJuventus, juara Serie A Italia 2016/17.

Namun pada musim depan, tampaknya para pesaing mereka pastinya akan kembali berusaha keras untuk mematahkan dominasi keduanya di kompetisi domestik masing-masing.

© Twitter @FCBayernEN
Bayern Munchen Copyright: Twitter @FCBayernENBayern Munchen, juara Bundesliga Jerman 2016/17.

Beralih ke La Liga Spanyol, di awal musim 2016/17 ini, Barcelona memang masih diunggulkan. Hal ini dikarenakan tiga penyerang maut mereka yang dikenal dengan trio MSN, yakni Lionel Messi, Luis Suarez, dan Neymar Jr mampu menunjukkan jika setiap musimnya mereka semakin tajam.

Namun siapa yang sangka, gelar La Liga Spanyol justru jatuh ke tangan rival seteru mereka, Real Madrid yang musim tampil lebih konsisten. Meski sempat terkejar menjelang akhir musim, namun mental berbicara jika Madrid pantas juara di musim ini.

© Helios de la Rubia/Real Madrid via Getty Images
Kecerian pemain Real Madrid usai memenangkan piala La Liga Spanyol melawan Malaga. Copyright: Helios de la Rubia/Real Madrid via Getty ImagesReal Madrid, juara La Liga Spanyol 2016/17.

Sedangkan dari Ligue 1 Prancis, klub unggulan Paris Saint-Germain (PSG) kali ini harus puas melihat gelar juara yang mereka raih dalam empat tahun terakhir harus jatuh ke tangan AS Monaco.

Rasanya, gagalnya mereka menjadi juara bukan karena faktor ditinggalkan oleh Zlatan Ibrahimovic ke Manchester United. Sebab, striker mereka lainnya, Edinson Cavani justru tampil tajam di lini depan.

© Jean Catuffe / Contributor / Getty Images
Para penggawa AS Monaco merayakan status mereka sebagai jawara Ligue 1 musim ini. Copyright: Jean Catuffe / Contributor / Getty ImagesAS Monaco, juara Ligue 1 Prancis 2016/17.

Dari Eredivisie Belanda, adalah klub yang dilatih pelatih berdarah Indonesia, Giovanni van Bronckhorst, yakni Feyenoord yang mampu menahbiskan diri sebagai juara di musim 2016/17.

Sukses Feyenoord menjadi juara di musim ini sekaligus mematahkan dominasi dari dua klub Negeri Kincir Angin tersebut, yakni PSV Eindhoven dan Ajax Amsterdam.

© VI Images/Getty Images
Feyenoord, juara Eredivisie Belanda 2016/17. Copyright: VI Images/Getty ImagesFeyenoord, juara Eredivisie Belanda 2016/17.

Dengan kata lain, musim 2016/17 ini benar-benar membuktikan jika dalam sepakbola, segalanya bisa terjadi dan klub unggulan atau yang diunggulkan belum tentu dapat menjadi juara.

Berikut ini adalah daftar klub juara di liga dan kompetisi domestiknya masing-masing:

Inggris

Community Shield: Manchester United

Liga Primer Inggris: Chelsea

Piala FA: Arsenal

Piala Liga Inggris: Manchester United

Spanyol

Piala Super Spanyol: Barcelona

La Liga Spanyol: Real Madrid

Coppa del Rey: Barcelona

Italia

Piala Super Italia: AC Milan

Serie A Italia: Juventus

Coppa Italia: Juventus

Jerman

Piala Super Jerman: Bayern Munchen

Bundesliga Jerman: Bayern Munchen

DFB Pokal: Borussia Dortmund

Prancis

Piala Super Prancis: PSG

Ligue 1 Prancis: AS Monaco

Piala Prancis: PSG

Piala Liga Prancis: PSG

Belanda

Piala Super Belanda: PSV Eindhoven

Eredivisie Belanda: Feyenoord

KNVB Beker/Piala Belanda: SBV Vitesse

2.2K