DFB Pokal

Frankfurt 1-2 Dortmund: Gelar Keempat Die Borussen

Minggu, 28 Mei 2017 03:10 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Twitter @SquawkaNews
Selebrasi para pemain Borussia Dortmund saat membobol gawang Frankfurt. Copyright: © Twitter @SquawkaNews
Selebrasi para pemain Borussia Dortmund saat membobol gawang Frankfurt.

Babak Pertama

Lima menit sejak peluit tanda dimulainya babak pertama dibunyikan oleh wasit, Borussia Dortmund langsung tampil menekan ke jantung pertahanan Eintracht Frankfurt.

Tanpa menunggu waktu lama, skuat besutan Thomas Tuchel pun langsung berhasil membuka keunggulan atas Franfurt pada menit kedelapan.

Ousmane Dembele menerima umpan terobosan dari Lukasz Piszczek dari sisi kanan lapangan. Dengan lihai, Dembele mengecoh satu bek Dortmund, sebelum melepas sepakan keras dari dalam kotak penalti yang tidak mampu dihalau Lucas Hradecky. Skor menjadi 1-0 untuk keunggulan Dortmund.

Meski kebobolan lebih dulu, para pemain Frankfurt tidak patah arang dan mulai mencoba memutus dominasi Dortmund yang banyak menguasai bola. Hasilnya, pada menit ke-29, Dortmund sukses mencetak gol penyeimbang.

Memanfaatkan kesalahan pemain Dortmund, Mijat Gacinovic memberi sebuah umpan kepada  Ante Rebic yang lolos dari jebakan offside. Berhadapan satu lawan satu dengan Roman Buerki, Rebic pun dengan tenang melepaskan sebuah tembakan terarah ke sudut kanan gawang. Skor imbang 1-1 untuk kedua tim itu pun terus bertahan hingga akhir paruh pertama.

Babak Kedua

Sebelum memulai babak kedua, Tuchel langsung melakukan dua pergantian pemain. Marco Reus dan Marcel Schmelzer ditarik dan digantikan oleh Christian Pulisic dan Gonzalo Castro.

Masuknya Pulisic dan Castro pun membuat pola permainan menyerang Dortmund, yang sebelumnya redup pasca gol Ante, mulai menunjukkan perkembangan.

Sejumlah peluang emas berhasil diciptakan oleh klub yang memiliki jersey garis hitam kuning tersebut. Namun, performa gemilang Hradecky membuat setiap peluang tersebut selalu gagal diubah menjadi gol.

Barulah memasuki menit ke-67, harapan Dortmund untuk kembali unggul atas Frankfurt datang. Wasit menunjuk titik putih bagi Dortmund setelah Pulisic dilanggar oleh Hradecky dalam kotak penalti.

Pierre-Emerick Aubameyang pun ditunjuk sebagai eksekutor penalti. Tanpa menemui banyak kesulitan, pemain asal Ghabon itu berhasil membobol gawang Frankfurt dan membuat Dortmund kembali unggul dengan skor 2-1.

Pasca gol penalti Aubameyang, Dortmund mulai merubah pola permainannya, dari yang semula terus menyerang menjadi mulai banyak mempertahankan bola di wilayah sendiri.

Alhasil, tindakan Die Borussen yang mulai bermain bertahan membuat Frankfurt yang dikejar-kejar waktu kesulitan untuk kembali mencetak gol penyeimbang. Hingga akhirnya, Dortmund pun berhasil keluar sebagai pemenang dengan skor akhir 2-1.

Atas kemenangan tipis dari Frankfurt tersebut, Dortmund berhak meraih gelar juara DFB Pokal 2016/17. Ini merupakan gelar DFB Pokal keempat Dortmund sejak klub ini resmi berdiri pada 1909 silam.

Susunan Pemain Kedua Tim:

Eintracht Frankfurt (3-4-3): Lucas Hradecky,Jesus Vallejo, David Abraham, Michael Hector, Bastian Oczipka, Mijat Gacinovic, Slobodan Medojevic, Timothy Chandler, Ante Rebic, Marco Fabian, Haris Seferovic.
Cadangan: Marco Russ, Danny Blum, Heinz Lindner, Alexander Meier, Aymen Barkok, Branimir Hrgota, Taleb Tawatha.
Pelatih: Niko Kovac.

Borussia Dortmund (3-4-3): Roman Buerki, Marcel Schmelzer, Sokratis Papastathopoulos, Marc Bartra, Raphael Guerreiro, Shinji Kagawa, Matthias Ginter, Lukasz Piszczek, Ousmane Dembele, Marco Reus, Pierre-Emerick Aubameyang.
Cadangan: Roman Weidenfeller, Sven Bender, Sebastian Rode, Andre Schuerrle, Christian Pulisic, Gonzalo Castro, Eric Durm.
Pelatih: Thomas Tuchel.

707