La Liga Spanyol

Ernesto Valverde Segera Diperkenalkan Barcelona

Senin, 29 Mei 2017 16:56 WIB
Editor: Yohanes Ishak
© Juan Manuel Serrano Arce/Getty Imag
Ernesto Valverde, calon pelatih Barcelona 2017/18. Copyright: © Juan Manuel Serrano Arce/Getty Imag
Ernesto Valverde, calon pelatih Barcelona 2017/18.

Gelar Copa del Rey 2016/17 merupakan gelar terakhir dari Luis Enrique untuk Barcelona. Gelar tersebut juga merupakan yang kesembilan yang ia persembahkan untuk Lionel Messi dan kawan-kawan.

Setelah dirinya memutuskan untuk mengundurkan diri pada pertengahan musim ini, Barca sejatinya telah melakukan pencarian dan memasukkan sejumlah nama tenar untuk menjadi penggantinya.

Menurut laporan dari Marca, Blaugrana kini telah mendapatkan sosok pengganti Luis Enrique. Dia adalah Ernesto Valverde yang nantinya akan diperkenalkan dalam waktu dekat.

© fotopress/Getty Images
Luis Enrique saat melakukan selebrasi dengan piala Copa Del Rey. Copyright: fotopress/Getty ImagesMantan pelatih Barcelona, Luis Enrique saat mengangkat gelar terakhirnya, Copa del Rey pada akhir pekan kemarin.

Valverde sendiri telah mengumumkan untuk mengundurkan diri dari mantan klubnya, Athletic Bilbao tidak lama setelah Enrique memutuskan Barcelona.

“Kini, pertualangan baru saya akan benar-benar lebih sulit,” ujar Valverde menyikapi dirinya yang akan segera melatih Barca di musim depan.

© Juan Manuel Serrano Arce/Getty Imag
Ernesto Valverde. Copyright: Juan Manuel Serrano Arce/Getty ImagErnesto Valverde, calon pelatih Barcelona 2017/18.

Sejatinya, Ernesto Valverde sudah tidak asing lagi dengan Barcelona. Ia pernah menjadi penggawa dari klub yang bermarkas di Camp Nou tersebut saat masih aktif sebagai pemain dari tahun 1988 hingga 1990 lalu.

Ia juga pastinya sudah tidak asing lagi dengan atmosfer sepakbola di La Liga Spanyol. Hal itu dikarenakan dirinya yang memang menghabiskan waktunya, baik sebagai pemain maupun pelatih di Negeri Matador tersebut.

Ernesto Valverde pernah menangani sejumlah klub La Liga Spanyol, seperti Athletic Bilbao, Espanyol, Villarreal, Valencia. Prestasi terbaiknya selama menjadi pelatih adalah membawa Espanyol menjadi runner up di Liga Europa pada musim 2006/07 lalu.

848