Liga 1 Indonesia

Sebelum Hijrah ke Indonesia, Begini Nasib Marquee Player Liga 1 Saat Main di Malaysia

Senin, 29 Mei 2017 23:27 WIB
Penulis: Lanjar Wiratri | Editor: Rizky Pratama Putra
 Copyright:

Sebelum marak berdatangan ke Indonesia, Malaysia ternyata lebih dahulu merasakan kehadiran para pesepakbola bintang tersebut. Berbeda dengan di Indonesia yang disebut marquee player, para pesepakbola dunia yang dapat dikategorikan sebagai bintang dunia tak disebut marquee player di Malaysia.

Hal ini disampaikan sendiri oleh Rahmad Darmawan yang kini membesut klub Malaysia, T-Team. Pria yang akrab disapa RD ini memuji gelaran Gojek Traveloka Liga 1 yang banyak kehadiran pemain marquee player.

RD berharap kehadiran para pesepakbola dunia seperti Michael Essien yang memperkuat klub lokal Indonesia dapat memberikan keuntungan tersendiri bagi industri sepakbola Tanah Air.

"Saya ikut senang sekali Liga 1 meriah dan banyak marquee player yang menjadi data tarik sendiri," ujar RD itu saat dihubungi INDOSPORT.

"Semoga mereka bisa membagikan pengalaman dan membuat pemain kita juga semakin meningkat kualitasnya," tambahnya.

© INTERNET
Caption Copyright: INTERNETRahmad Darmawan kini menukangi T-Team di Liga Malaysia.

RD menyebut jika sebenarnya Malaysia sudah lebih dahulu kehadiran para pemain kelas dunia di liga mereka ketimbang Indonesia. Bedanya, di Negeri Jiran tersebut, para pemain dunia tak disebut dengan marquee player dan hanya mendapat  status sebagai pemain asing sebagaimana umumnya.

Salah satunya ialah pemain Tim Nasional (Timnas) Selandia Baru, Shane Smeltz, yang sebelum memperkuat klub Liga 1, Borneo FC, pernah menjadi pemain klub Malaysia, Kedah FA. Meski tertinggal ketimbang Malaysia, namun RD tetap mengapresiasi gelaran Liga 1 yang kini mulai menjadi destinasi menarik para pemain level dunia.

"Di sana (Malaysia) banyak sekali marquee player tapi statusnya disebut sebagai pemain asing sama seperti lainnya, tetap syarat klub di Liga Super Malaysia 4 pemain asing dan 1 Asia," jelas RD.

"Seperti Shane Smeltz (marquee player Borneo FC) dan marquee player Bali United (Nick Van Der Velden) tahun sebelumnya sudah main di Malaysia," tutupnya.
 

2.1K