Serie A Italia

Roma 3-2 Genoa: Perpisahan Indah Sang Pangeran Totti

Senin, 29 Mei 2017 01:10 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Twitter @SquawkaNews
Francesco Totti menjalani laga terakhinya bersama AS Roma saat melawan Genoa. Copyright: © Twitter @SquawkaNews
Francesco Totti menjalani laga terakhinya bersama AS Roma saat melawan Genoa.

Babak Pertama

Laga babak pertama belum berjalan lima menit, kubu AS Roma yang berlaku sebagai tuan rumah dibuat terkejut oleh Genoa. Pasalnya, pada menit ketiga, Pietro Pellegri sukses mempercundangi Wojciech Szczesny.

Menerima umpan terobosan dari Darko Lazovic, Pellegri yang berlari kencang tidak mampu dihalau oleh lini pertahanan AS Roma. Berhadapan satu lawan satu dengan Szczesny, Pellegri mampu melesatkan bola yang langsung mengarah ke dalam gawang Roma. Skor menjadi 1-0 untuk keunggulan Genoa.

Ketertinggalan Roma dari Genoa tidak berlangsung lama. Hanya butuh waktu tujuh menit sejak gol Genoa, tim Serigala Ibu Kota sudah berhasil menyamakan kedudukan lewat gol Edin Dzeko.

Memanfaatkan kemelut di depan gawang Genoa, mantan penyerang Manchester City itu dengan sigap melepaskan sebuah tembakan keras di dalam kotak penalti. Skor pun menjadi imbang 1-1.

Saat laga memasuki menit ke-18, pelatih Luciano Spalletti dipaksa melakukan pergantian pemain, setelah Emerson cedera dan dinilai tidak bisa melanjutkan pertandingan. Marco Rui pun ditunjuk Spalletti sebagai pengganti Emerson.

Selanjutnya, kedua tim mulai melakukan pola permainan menyerang demi mencari keunggulan. Roma yang bermain di kandang sendiri memang lebih mendominasi penguasaan bola dan menciptakan peluang.

Namun, ketatnya pertahanan Genoa membuat setiap peluang Radja Nainggolan dkk selalu menemui jalan buntu. Skor imbang 1-1 pun bertahan hingga pemain kedua kesebelasan beranjak ke ruang ganti.

Babak Kedua

Sekembaliny dari jeda 15 menit, Roma langsung mengambil inisiatif untuk melakukan serangan berbahaya ke jantung pertahanan Genoa. Dzeko nyaris saja kembali mencatatkan namanya di papan skor, bila saja bola sepaknnya tidak melambung di atas mistar gawang Lamanna pada menit ke-48.

Memasuki menit ke-54, pemain yang paling dinanti-nanti dalam laga ini karena menjadi pertandingan terakhirnya, Francesco Totti dimasukkan oleh Spalleti. Totti masuk menggantikan Salah.

Pada menit ke-74, publik Olimpico Stadium bersorak penuh kegirangan setelah Roma akhirnya berhasil membuat keunggulan atas Genoa. Adalah Daniele De Rossi yang mampu menyempurnakan dengan baik umpan dari Dzeko. Skor menjadi 2-1 untuk keunggulan tuan rumah.

Sayang, keunggulan tim ibu kota tersebut tidak bertahan lama. Pasalnya, lima menit kemudian, Genoa berhasil mencetak gol penyeimbang.

Szczesny gagal menghalau dengan baik bola sundulan Darko Lazovic yang menerima umpan lambung dari Diego Laxalt. Skor kembali menjadi imbang 2-2.

Saat pertandingan akan memasuki masa injury time, Giallorossi kembali sukses memaksa Lamanna memungut bola dari gawangnya melalui aksi Diego Perotti. Skor 3-2 untuk keunggulan Roma tersebut pun bertahan hingga peluit panjang dibunyikan wasit.

Kemenangan atas Genoa itu pun membuat Roma tetap berada di peringkat dua klasemen Serie A Italia 2016/17 dengan koleksi 87 poin, sekaligus menjadi kado perpisahan yang manis bagi Totti yang akhirnya resmi pensiun dari Roma setelah berkarier selama 25 tahun.

Susunan Pemain Kedua Tim:

AS Roma (4-2-3-1): Wojciech Szczesny; Antonio Ruediger, Konstantinos Manolas, Federico Fazio, Emerson; Daniele De Rossi, Kevin Strootman; Mohamed Salah, Radja Nainggolan, Stephan El Shaarawy; Edin Dzeko.
Cadangan: Juan Jesus, Leandro Daniel Paredes, Clement Grenier, Diego Perotti, Francesco Totti, Bruno Peres, Thomas Vermaelen, Bogdan Lobont, Alisson Becker, Mario Rui, Gerson.
Pelatih: Luciano Spalletti.

Genoa (3-4-2-1): Eugenio Lamanna; Davide Biraschi, Ezequiel Munoz, Santiago Gentiletti; Darko Lazovic, Miguel Veloso, Isaac Cofie, Oscar Hiljemark, Diego Laxalt; Raffaele Palladino; Pietro Pellegri.
Cadangan: Nicolas Burdisso, Olivier Ntcham, Andrea Beghetto, Leonardo Morosini, Lukas Zima, Rubinho, Danilo Cataldi, Nikola Ninkovic.
Pelatih: Ivan Juric.

4.1K