La Liga Spanyol

Ronaldo Ungkap Dirinya 'Dipaksa' Hengkang dari Real Madrid

Senin, 29 Mei 2017 16:51 WIB
Editor: Rendy Gusti
© PIERRE-PHILIPPE MARCOU/AFP/Getty Images
Mantan pemain Real Madrid, Ronaldo Luis Nazario de Lima. Copyright: © PIERRE-PHILIPPE MARCOU/AFP/Getty Images
Mantan pemain Real Madrid, Ronaldo Luis Nazario de Lima.

Ronaldo Luis Nazario de Lima mengungkapkan bahwa dirinya 'dipaksa' untuk hengkang dari Real Madrid karena Fabio Capello di tahun 2007 silam. Hal tersebut tak terlepas masalah berat badan yang dialami pesepakbola asal Brasil itu yang dinilai telah melewati batas yang ditentukan.

Di bawah kepemimpinan Fabio Capello (2006/07), Ronaldo hanya diturunkan sebanyak 13 dan mencatatkan 4 gol saja. Hubungan yang semakin retak dengan sang pelatih pun membuat pihak klub menjual Ronaldo ke AC Milan dan kembali berlaga di Serie A Italia.

"Saya hengkang (dari Real Madrid) bukan karena kehendak saya. Saya mulai banyak mendapat masalah dengan Capello. Saat itu jika saya kelebihan berat badan 100g, maka saya dikeluarkan dari dalam skuat. Pada akhirnya saya berusaha untuk memahami pandangannya, namun dengan dirinya tak pernah ada kata pengertian," ujar Ronaldo, dikutip dari Football Espana.

© Angel Martinez/Real Madrid via Getty Images
Fabio Capello dan Ronaldo Luis Nazario de Lima di tahun 2006 silam. Copyright: Angel Martinez/Real Madrid via Getty ImagesFabio Capello dan Ronaldo Luis Nazario de Lima di tahun 2006 silam.

"Saya paham tugasnya sebagai seorang pelatih, tetapi terkadang di sepakbola, ini tak tentang 100g ataupun 200g yang menjadi perbedaan. Ini tentang performa seorang pemain, dan ia tidak melihat itu dari diri saya. Menurutnya, apabila tim bermain buruk, itu karena masalah berat badan saya," tambah pria berusia 40 tahun itu.

"Hubungan kami semakin hari semakin memburuk, hingga akhirnya sudah tak bisa ditoleransi lagi. Dan ketika mencapai momen tersebut, ketika seorang pelatih memiliki pengaruh lebih besar, maka klub akan mulai mengambil keputusan," pungkasnya.

775