4 Fakta Unik Promosinya Huddersfield ke Liga Primer Inggris

Selasa, 30 Mei 2017 07:37 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Twitter/@premierleague
Huddersfield Town berhasil memenangkan babak play-off dan promosi ke Liga Primer Inggris. Copyright: © Twitter/@premierleague
Huddersfield Town berhasil memenangkan babak play-off dan promosi ke Liga Primer Inggris.

Huddersfield Town berhasil memastikan diri lolos ke Liga Primer Inggris musim 2017/18, pasca mengalahkan Reading dalam drama adu penalti dengan skor 4-3. Keberhasilan The Terries untuk lolos ke Liga Primer Inggris pun menjadi pusat perhatian para pencinta sepakbola.

Hal itu dikarenakan terdapat beberapa fakta unik dibalik keberhasilan klub yang berbasis di kota Yorkshire tersebut dalam mengikuti jejak Newcastle United serta Brighton and Hove Albion ke Liga Primer Inggris.

Salah satu fakta unik tersebut ialah keberuntungan yang menyelimuti skuat David Wagner tersebut. Bagaimana tidak? Mereka berhasil promosi ke kasta tertinggi di Inggris, hanya dengan mengandalkan adu penalti di babak play-off promotion musim ini.

Pada partai semifinal, mereka berhasil menyingkirkan Sheffield Wednesday melalui adu penalti dengan skor 4-3, setelah sebelumnya bermain imbang di dua leg dengan skor 0-0 di kandang dan 1-1 di tandang.

Begitu pula saat di parta final, ketika mengalahkan Reading di Wembley Stadium, pada Senin (29/05/17) malam kemarin. Bermain tanpa gol hingga menit 120, adu penalti pun kembali menjadi keberuntungan The Terries kali ini, dengan menundukkan Reading 4-3.

Selain fakta tersebut, terdapat pula beberapa fakta lainnya. Berikut INDOSPORT rangkum beberapa fakta menarik dibalik keberhasilan Huddersfield Town promosi ke Liga Primer Inggris.

1. Keberhasilan Huddersfield Town promosi ke Liga Primer Inggris menjadi sebuah kejutan tersendiri untuk para pencinta sepakbola Liga Inggris, terutama para fans-nya sendiri. Pasalnya, terhitung sejak musim 2012/13 hingga 2015/16, Huddersfield selalu finis di luar posisi 10 besar Divisi Championship (2012/13: 19, 2013/14: 17, 2014/15: 16, 2015/16: 19).

2. Huddersfield Town menjadi tim pertama dari divisi Championship dalam beberapa tahun terakhir, yang promosi ke Liga Primer Inggris dengan jumlah selisih gol minus 2. Hal tersebut berbanding terbalik dengan lawan yang mereka kalahkan di semifinal, Sheffield Wednesday, yang memiliki jumlah selisih gol mencapai 15.

3. Huddersfield Town akan menjadi klub Liga Primer Inggris dengan penjualan tiket kandang termurah pada musim depan, dengan harga 100 poundsterling (Rp1,7 juta) per musim, atau kurang lebih 5 poundsterling (Rp85 ribu) per pertandingan. Namun, hal itu hanya berlaku kepada para fans yang masih memiliki bukti pembelian tiket di tahun 2009 atau sebelumnya.

4. Keberhasilan mereka menjuarai play-off promotion diwarnai dengan tidaknya para penggawa Huddersfield yang mencetak gol di waktu normal pertandingan. 1 gol yang diraih dalam hasil imbang 1-1 di kandang Sheffield Wednesday merupakan gol bunuh diri tuan rumah.

703