Roberto Mancini Resmi Diangkat Jadi Pelatih Baru Zenit

Kamis, 1 Juni 2017 21:06 WIB
Editor: Ramadhan
© Twitter/@fczenit_en
Roberto Mancini Copyright: © Twitter/@fczenit_en
Roberto Mancini

Setelah lama tak ada kabar usai melepaskan jabatannya sebagai pelatih Inter Milan pada 2016 kemarin, Roberto Mancini akhirnya kembali ke dunia kepelatihan. Pelatih berusia 52 tahun itu resmi direkrut klub raksasa asal Rusia, Zenit St. Petersburg, untuk mengisi posisi pelatih.

Mancini menggantikan pelatih Zenit sebelumnya, Mircea Lucescu. Zenit pun menyodorkan kontrak berdurasi tiga musim kepada pelatih asal Italia tersebut, dengan opsi perpanjangan dua tahun.

Pelatih Zenit sebelumnya, Lucescu meninggalkan klub bulan lalu setelah dia hanya bisa membawa klub berjuluk The Blue-White-Sky Blues tersebut ke posisi ketiga klasemen akhir di Liga Primer Rusia dan harus tersingkir lebih awal dari babak 32 besar Liga Europa.

Mancini sendiri memiliki catatan baik sebagai pelatih. Sebelumnya, ia berhasil membawa Inter Milan dan Manchester City meraih gelar liga domestik di negara masing-masing.

Mancini sendiri meninggalkan Inter sebagai pelatih untuk kedua kalinya pada musim lalu, setelah sebelumnya pernah melatih Nerazzuri pada 2004-2008.

Mancini menjadi pelatih kedua asal Italia yang menjadi pelatih Zenit, setelah sebelumnya ada nama Luciano Spalletti, yang berhasil membawa Zenit meraih dua gelar liga di Stadion Petrovsky pada 2010 dan 2012.

613