Deretan Marquee Player 'Gagal' Liga 1

Jumat, 2 Juni 2017 19:20 WIB
Penulis: Muhammad Adiyaksa | Editor: Gerry Anugrah Putra
© getty images
Jose Manuel Barbosa, Tijani Belaid dan Juan Pablo Pino Copyright: © getty images
Jose Manuel Barbosa, Tijani Belaid dan Juan Pablo Pino

Kompetisi Gojek Traveloka Liga 1 belum berjalan setengah musim. Namun, sudah ada beberapa tim telah mengeluhkan kurangnya pasokan kontribusi dari legiun asing impor, terutama marquee player.

Kebijakan terkait marquee player atau pemain bintang 'khusus' digadang-gadang bakal meningkatkan berlangsungnya kompetisi. Tidak lupa, berpengaruh juga terhadap kualitas para kontestan. 

Namun apa daya, beberapa tim tidak terlalu merasakan dampak positif kehadiran marquee player. Persib Bandung yang pertama kali memperkenalkan marquee player, Michael Essien juga terkadang mengeluhkan permainan eks bintang Chelsea dan Real Madrid tersebut.

Definisi marquee player yang sejak awal diperkenalkan PSSI ialah minimal sang pemain tersebut pernah bermain dalam tiga edisi Piala Dunia terakhir (2006, 2010, dan 2014) atau turut mencicipi delapan kompetisi kasta teratas Eropa (Inggris, Italia, Spanyol, Jerman, Belanda, Prancis, Turki, dan Portugal) dalam kurun waktu delapan tahun terakhir (2009-2017).

Banyak klub yang mengakali regulasi empat pemain asing untuk merekrut marque player 'bodong'. Setidaknya, sang pemain btersebut memenuhi klasifikasi yang diatur oleh PSSI.

Dampaknya, beberapa klub asal-asalan merekrut marquee player. Terpenting, pemain tersebut dapat disemati sebagai marquee player dan klub bisa menggunakan empat pemain asing sekaligus. 

Tiga tim Liga 1, Persipura Jayapura, Perseru Serui, dan Persegres Gresik United memutuskan untuk tidak latah dalam mengontrak marquee player. Apalagi, dengan gaji yang sudah pasti di atas rata-rata, kualitas marquee player masih bisa disamakan dengan pemain asing biasa.

Beberapa pelatih sudah banyak yang mengeluh soal kualitas marquee player yang dimiliki timnya. Mulai dari lamanya waktu beradaptasi, hingga merusak permainan tim di atas lapangan.

INDOSPORT mencoba merangkum tiga marquee player yang telah dicap gagal. Berikut sajiannya kepada pembaca setia:

596