Liga 1

Carlton Cole: Saya seperti Van Dijk Bukan Messi

Minggu, 4 Juni 2017 02:01 WIB
Kontributor: Ginanjar | Editor: Tengku Sufiyanto
© persib.co.id
Carlton Cole (tengah). Copyright: © persib.co.id
Carlton Cole (tengah).

Striker berkebangsaan Inggris, Carlton Cole menilai bahwa manajemen Persib Bandung bertindak tidak adil setelah berencana memutus kontraknya pada akhir putaran pertama Gojek Traveloka Liga 1 2017 ini, dengan alasan karena kurang memberikan kontribusi untuk tim.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Carlton Cole tengah beragumen dengan wasit. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTCarlton Cole tengah beragumen dengan wasit.

Menurut Cole, tidak sepantasnya layangan pemecatan dilakukan lantaran selama bergabung dengan Persib, jajaran pelatih memberikan jatah bermain yang sangat minim. Setidaknya dari delapan laga yang telah dilalui, mantan striker Wes Ham United ini hanya bermain tiga kali saja, itu pun menjadi pemain pengganti.

"Saya belum mendapatkan kesempatan main selama 90 menit. Hanya 15-25 menit saja sampai pekan kedelapan. Jadi bagaimana anda bilang saya tidak fit. Berlatih dan bertanding adalah dua hal yang berbeda. Jadi energi yang dimiliki tidak akan sama dengan energi saat di dalam pertandingan,"  ungkap Cole.

© Muhammad Ginanjar/INDOSPORT
Persib Bandung vs Borneo FC Copyright: Muhammad Ginanjar/INDOSPORTSkuat Persib Bandung.

Tidak hanya itu, Cole juga mengaku tidak bisa mendapatkan suplay bola yang baik dari rekan-rekan setimnya saat menjalani pertandingan. 

"Kami bermain dengan dua pemain muda. Satu di tengah dan satu di sayap kanan. Dalam situasi ini tidak adil jika saya harus bergantung kepada mereka," katanya.

Baca Juga:

Cole mengaku adalah pemain yang beroperasi sebagai target man yang tidak diharuskan untuk berlari atau menjauh dari dalam kotak penalti lawan. 

"Cara main saya mirip seperti Sergio (Van Dijk) yang diam di tengah. Jika semua ingin saya main seperti Lionel Messi, saya turun cari bola sendiri jauh kedalam dan berlari sambil menggiring bola sendiri dan melewati pemain. Saya tidak bisa lakukan itu," katanya.

"Pertandingan terakhir juga tim tidak bisa memberi banyak peluang untuk Sergio. Makanya saya bersimpati padanya itu juga kenapa kita tidak bisa mencetak banyak gol," tambahnya.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Skuat Persib Bandung. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTSkuat Persib Bandung.

Untuk itu, pemilik nomor punggung 12 ini berharap mendapatkan kesempatan bermain dan mendapatkan suplay bola yang baik sehingga kualitasnya di lapangan bisa teruji.

"Saya mau tetap di sini (Persib), saya akan tetap fight dan bermain untuk mencapai sukses. Tapi saya butuh bantuan dari semua orang yang mendukung saya, bukan menempatkan saya pada posisi tertekan," ujarnya.

© TIMUR MATAHARI/AFP/Getty Images
Carlton Cole (Persib Bandung) Copyright: TIMUR MATAHARI/AFP/Getty ImagesCarlton Cole.

"Banyak yang berkata jelek tentang saya. Setiap pemain Inggris selalu bermain dengan hati dan harga diri, bukan soal cuma ingin mencari uang. Uang yang saya dapatkan di sini tidak banyak. Saya datang ke sini untuk harga diri dan membantu tim meraih kesuksesan. Ini bukan perkara uang bagi saya," tutup Carlton Cole.

53