On This Day: Indonesia Dihancurkan Hungaria 0-6 di Piala Dunia

Senin, 5 Juni 2017 18:43 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
 Copyright:

Tanggal 5 Juni 1938, atau tepatnya 79 tahun yang lalu, Indonesia menjadi wakil Asia pertama yang mampu menembus kancah Piala Dunia kala itu. Walau sempat mengalami berbagai polemik sebelum keberangkatan mereka ke Prancis, namun Indonesia tetap menginjakkan kaki mereka ke Prancis dengan nama Hindia Belanda.

Baca Juga:

Pada putaran pertama, Indonesia langsung berhadapan dengan tim kuat asal Eropa kala itu, Hungaria. Bermain di Velodrome Municipale Stadium, Reims, pertandingan tersebut dihadiri oleh 9 ribu penonton yang menyesaki stadion.

Bermain pada pukul 5 sore waktu setempat, kala itu pertandingan ditengahi oleh wasit asal Prancis, Conrie Roger, bersama kedua asistennya, De La Salle Charles (Prancis), dan Weingartner Karl (Austria).

© Internet
Tim Nasional Hindia Belanda di piala dunia 1938 Copyright: InternetTim Nasional Hindia Belanda di piala dunia 1938.

Walau di bawah asuhan pelatih asal Belanda, Johannes van Mastenbroek, susunan pemain yang digunakannya tidak hanya pemain asal Belanda saja, namun juga terdapat beberapa nama-nama asli Indonesia dan China.

Nama-nama keturunan China seperti Mo Heng Tan dan Hong Djien Tan masuk ke dalam starting XI Mastenbroek. Sedangkan pemain asli berdarah Indonesia yang digunakan yaitu Anwar Sutan dan Achmad Nawir. Uniknya, Nawir menjadi kapten dari tim Indonesia saat itu.

© Internet
Tim Nasional Hindia Belanda di Piala Dunia 1938 Copyright: InternetTim Nasional Hindia Belanda di Piala Dunia 1938.

Bermain melawan tim kuat Hungaria, Indonesia mengalami kekalahan telak 6 gol tanpa balas. Indonesia sudah tertinggal 2 gol ketika pertandingan baru berjalan 15 menit di babak pertama, lewat gol Vilmos Kohut di menit 13, dan Geza Toldi di menit 15. Hungaria menutup babak pertama dengan keunggulan 4 gol, setelah Gyorgy Sarosi dan Gyula Zsengeller menambah keunggulan atas Indonesia.

Di babak kedua, Hungaria semakin menunjukkan jati dirinya sebagai salah satu tim kuat asal Eropa, setelah berhasil menambah jumlah keunggulan mereka. Zsengeller dan Sarosi kembali menjadi bintang di laga tersebut, dengan masing-masing mencetak 1 gol untuk Hungaria. Indonesia pun kalah 0-6.

© Twitter/@IndonesiaFOTD
Skuat Timnas Indonesia di Piala Dunia 1938, bersama Achmad Nawir. Copyright: Twitter/@IndonesiaFOTDSkuat Timnas Indonesia di Piala Dunia 1938, bersama Achmad Nawir.

Di tahun 1938, Piala Dunia masih menggunakan sistem gugur. Hal tersebut secara otomatis membuat Indonesia langsung gugur dalam kejuaraan karena kalah atas Hungaria dengan skor telak.

Hungaria pun berhasil melaju mulus hingga babak final di kejuaraan tersebut. Sayang, berhadapan dengan Italia, mereka mengalami kekalahan dengan skor 4-2.

1.5K