(CUPLIKAN GOL) Spanyol 2-2 Kolombia: Imbang di Rumah

Kamis, 8 Juni 2017 04:33 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Manuel Queimadelos Alonso / Contributor
Radamel Falcao melakukan selebrasi pasca mencetak gol ke gawang Pepe Reina. Copyright: © Manuel Queimadelos Alonso / Contributor
Radamel Falcao melakukan selebrasi pasca mencetak gol ke gawang Pepe Reina.

Jawara Piala Dunia 2010, Spanyol, kedatangan tim tangguh dari Benua Amerika Latin, Kolombia, dalam laga persahabatan. Bermain di depan ribuan pendukungnya sendiri, La Furia Roja bermain imbang 2-2.

Baca Juga:

Babak Pertama

Bermain di depan pendukungnya sendiri membuat Spanyol langsung tancap gas ketika pertandingan baru dimulai. Walau bertajuk persahabatan, dominasi Spanyol tampak jelas di babak pertama ini.

Hal tersebut pun terbukti dengan terciptanya gol untuk tuan rumah di menit 22. Umpan Pedro dari sisi kiri pertahanan Kolombia mampu dimanfaatkan dengan baik oleh David Silva. 1-0 Spanyol memimpin.

Sayang, keunggulan Spanyol tak bertahan lama. Pada menit 39, Kolombia berhasil menyamakan kedudukan setelah memanfaatkan kesalahpahaman yang terjadi antara Gerard Pique, Azpilicueta, dan kiper Pepe Reina. Sentuhan Edwin Cardona pun menggetarkan jala La Furia Roja. Skor menjadi imbang 1-1 hingga babak pertama berakhir.

Babak Kedua

Bermain sama kuat di babak pertama membuat kedua tim terlihat tampil ngotot untuk menambah jumlah gol mereka. Spanyol pun menguasai jalannya pertandingan dengan 59 persen penguasaan bola.

Namun, serangan balik yang dilakukan Kolombia lebih ampuh dibandingkan dengan penguasaan bola yang dilakukan oleh kubu tuan rumah. Hal itu terbukti dengan terciptanya gol untuk Kolombia melalui sundulan Radamel Falcao di menit 55, hasil sepak pojok James Rodriguez. 1-2 Kolombia membalikkan keadaan.

Tampil di depan ribuan pendukungnya sendiri, serta tertinggal 1 gol jelas membuat Spanyol langsung membombardir pertahanan Kolombia. Spanyol pun memasukkan penyerang Real Madrid, Alvaro Morata, untuk menggantikan Iago Aspas pada menit 56.

Koke nyaris menyamakan kedudukan untuk kubu Spanyol di menit 60, andai saja sepakan bola matinya tidak ditepis oleh Ospina. Kiper Arsenal itu melakukan penyelamatan gemilang dengan terbang menjangkau bola yang mengalir deras ke gawangnya.

Usaha keras mereka pun terbayar dengan terciptanya gol penyama kedudukan yang dilakukan oleh penghias bangku cadangan Real Madrid, Alvaro Morata. Menerima umpan dari Saul Niguez, Morata dengan leluasa berhasil menyundul bola dan menggetarkan jala Ospina. Skor imbang 2-2 menutup jalannya pertandingan.

Berikut starting XI kedua tim:

Spanyol: Reina; Azpilicueta, Pique, Nacho, Alba; Illarramendi, Koke, Iniesta; Silva, Aspas, Pedro.

Kolombia: Ospina; Arias, Davinson, Zapata, Armero; Aguilar, Carlos Sanchez; Cuadrado, James, Cardona; Falcao.

2.3K