(VIDEO) Samuel Sarfo, dari Menjaga hingga Membela Timnas Ghana

Minggu, 11 Juni 2017 14:09 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Twitter/@SarfoMaldini12
Samuel Sarfo (kiri) bersama sang ibu. Copyright: © Twitter/@SarfoMaldini12
Samuel Sarfo (kiri) bersama sang ibu.

Terdapat hal unik dalam pertandingan Kualifikasi Piala Afrika yang mempertemukan Tim Nasional (Timnas) Ghana dengan Ethiopia. Hal unik tersebut datang dari seorang pemain Ghana bernama Samuel Sarfo.

Baca Juga:

Ya, pesepakbola yang berposisi sebagai pemain bertahan itu ternyata memiliki dua peran dalam hidupnya, yakni menjaga keamanan masyarakat dengan menjadi polisi, dan juga menjadi pesepakbola Timnas Ghana.

Sarfo sejatinya bermain untuk klub amatir Ghana bernama Liberty Professionals FC. Dalam kesehariannya, pria berusia 26 tahun tersebut bekerja sebagai seorang polisi di Ghana Police Service. Sedangkan tiap akhir pekan, dirinya akan ‘berubah’ menjadi seorang pemain bertahan untuk klubnya tersebut.

Keberhasilan Sarfo dalam menembus Skuat Timnas Ghana tak lepas dari dikeluarkannya dua pemain langganan Timnas Ghana sebelumnya, Alfred Nelson dan Daniel Nii Adjei. Dilansir oleh The Sun, keberhasilannya menembus Timnas Ghana disebutnya sebagai hasil manis dari kerja kerasnya selama ini.

“Ini adalah sebuah kebahagiaan dapat bermain untuk Timnas Ghana. Saya pikir, ini adalah buah dari kerja keras saya selama ini,” ucap Sarfo.

“Jelas, terpilih sebagai pemain Timnas bukanlah hal yang mudah. Kita harus berjuang untuk memenangkan pertandingan karena ke depannya, saya menargetkan untuk terus dipanggil ke dalam Timnas Ghana,” tambahnya.

Ghana sendiri akan berhadapan dengan Ethiopia pada Minggu (11/06/17) malam WIB nanti, dalam laga Kualifikasi Piala Afrika. Keduanya akan bermain di Baba Yara Stadium, Ghana.

382